Demonstran Hancurkan Patung Hugo Chavez

Sabtu, 06 Mei 2017 - 10:57 WIB
Demonstran Hancurkan Patung Hugo Chavez
Demonstran Hancurkan Patung Hugo Chavez
A A A
CARACAS - Aksi demonstrasi menentang Presiden Venezuela, Nicolas Maduro, masih terus berlangsung. Bahkan telah terjadi kekerasan dan penjarahan yang meluas minggu ini di Valencia, sebuah pusat industri yang pernah ramai dua jam dari ibu kota Caracas melalui jalan darat.

Dalam sebuah insiden yang penuh dengan simbolisme, segelintir pria muda menghancurkan sebuah patung mendiang pemimpin Venezuela Hugo Chavez. Insiden itu terjadi di penghasil minyak negara Zulia, menurut video yang beredar di media sosial pada hari Jumat malam.

Rekaman menunjukkan patung tersebut, yang menggambarkan Chavez dengan sikap menghormat dan mengenakan selempang, ditarik hingga jatuh di sebuah plaza umum. Patung tersebut kemudian dibanting ke trotoar dan jalan oleh para demonstran sambil mencaci pemimpin sayap kiri yang meninggal karena kanker pada tahun 2013 lalu seperti dikutip dari The Guardian, Sabtu (6/5/2014).

"Siswa menghancurkan patung Chavez ini. Mereka menuduhnya telah menghancurkan masa depan mereka," kata anggota parlemen oposisi Carlos Valero tentang insiden tersebut, yang juga dilaporkan di media lokal.

Oposisi Venezuela saat ini tengah menikmati dukungan dari mayoritas masyarakat setelagh berada dalam bayang-bayang partai Sosialis. Partai Sosialis telah berkuasa sejak kemenangan Chavez dalam pemilu tahun 1998. Namun mereka mengatakan penggantinya, Nicholas Maduro, telah menjadi seorang diktator dan menghancurkan ekonomi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5317 seconds (0.1#10.140)