Pence: AS dan Sekutunya Siap Atasi Korut

Sabtu, 22 April 2017 - 13:24 WIB
Pence: AS dan Sekutunya...
Pence: AS dan Sekutunya Siap Atasi Korut
A A A
SYDNEY - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Mike Pence, kembali menyatakan semua pilihan termasuk aksi militer untuk menghadapi ancaman senjata nuklir Korea Utara (Korut) telah ada di atas meja. Meski begitu, Pence juga menekankan bahwa dia mengharapkan China membawa pengaruhnya untuk menghadapi ambisi nuklir rezim tersebut.

"Sementara semua opsi ada di meja, izinkan saya meyakinkan Anda bahwa AS akan terus bekerja sama dengan Australia dan sekutu kami yang lain di kawasan ini, dan dengan China, untuk membawa tekanan ekonomi dan diplomatik untuk menghadapi rezim Pyongyang sampai mereka meninggalkan Program rudal nuklir dan balistik mereka," kata Pence.

"Tapi jika China tidak dapat menangani Korut, AS dan sekutunya akan melakukannya," imbuhnya dalam sebuah konferensi pers dengan perdana menteri Australia, Malcolm Turnbull, seperti dikutip dari The Guardian, Sabtu (22/4/2017).

Dikatakan oleh Pence, kesabaran strategis selama satu generasi terhadap rezim Korut di bawah Kim Jong-il dan kemudian anaknya Kim Jong-un telah gagal sama sekali. Pemerintah Trump bertekad untuk menekan Korut guna menghentikan pengembangan senjata nuklir.

"Era kesabaran strategis sudah usai," dia mengulanginya.

Korea Utara telah menuduh AS melakukan aksi provokasi perang di semenanjung Korea. Pyognyang mengatakan bahwa pemerintahan Trump menciptakan situiasi berbahaya di mana perang termonuklir dapat terjadi kapan saja.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1354 seconds (0.1#10.140)