Presiden China Serukan Resolusi Damai di Semenanjung Korea

Rabu, 12 April 2017 - 16:51 WIB
Presiden China Serukan Resolusi Damai di Semenanjung Korea
Presiden China Serukan Resolusi Damai di Semenanjung Korea
A A A
BEIJING - Presiden China, Xi Jinping, menyerukan resolusi damai terkait ketegangan di Semenanjung Korea. Seruan itu disampaikannya saat berbicara melalui telepon dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

"China berkomitmen dengan target denuklirisasi di semenanjung Korea, menjaga perdamaian dan stabilitas di semenanjung, dan mendukung menyelesaikan masalah melalui cara damai," begitu kata penyiar stasiun televisi China mengabarkan pembicaraan kedua kepala negara.

"China bersedia untuk menjaga komunikasi dan koordinasi dengan pihak AS", kata Jinping seperti dikutip dari laman Reuters, Rabu (12/4/2017).

Pembicaraan lewat telepon ini terjadi hanya beberapa hari setelah keduanya bertemu di Florida pada pekan lalu. Tidak jelas siapa yang mulai menghubungi.

Sebelumnya, Trump telah mendesak China berbuat lebih banyak untuk mengendalikan Korea Utara (Korut). Melalui akun Twitternya, Trump bahkan mengatakan Pyongyang sedang mencari masalah dan AS akan memecahkan masalah ini dengan atau tanpa bantuan Beijing.

Ketegangan telah meningkat di Semenanjung Korea di tengah kekhawatiran Korut bakal segera melakukan uji coba nuklir keenam. Eskalasi meningkat setelah Washington mengatakan mengalihkan kelompok kapal induk Carl Vinson menuju wilayah itu dalam rangka unjuk kekuatan.

AS mengirimkan kapal induk USS Carl Vinson dan sekelompok kapal perang ke perairan lepas pantai Semenanjung Korea untuk melakukan latihan bersama dengan Angkatan Laut Korea Selatan (Korsel).

Didekati kapal perang AS, Korut pun mengatakan mereka siap perang. Mereka bahkan mengancam akan menyerang AS dan sejumlah basisnya di Asia Pasifik dengan rudal nuklir.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7316 seconds (0.1#10.140)