Demonstran Paraguay Mengamuk, Gedung Kongres Dibakar

Sabtu, 01 April 2017 - 08:28 WIB
Demonstran Paraguay Mengamuk, Gedung Kongres Dibakar
Demonstran Paraguay Mengamuk, Gedung Kongres Dibakar
A A A
ASUNCION - Puluhan demonstran di Ibu Kota Paraguay, Asuncion, mengamuk dan membakar gedung Kongres Nasional (kantor senat) dalam unjuk rasa hari Jumat (31/3/2017) waktu setempat atau hari ini (1/4/2017) WIB. Amuk massa dipicu rapat tertutup senat yang memungkinkan Presiden Horacio Cartes untuk menjalankan pemilu ulang.

Protes yang berakhir dengan kekerasan mulai pecah di luar gedung Kongres setelah sekitar 25 anggota parlemen memasuki ruang rapat. Jumlah itu cukup untuk memenuhi kuota dari total anggota parlemen dalam memberikan suara.

Para demonstran pro-oposisi bentrok dengan polisi yang membawa selang penyemprot air. Kekerasan semakin brutal ketika para aktivis memecahkan jendela gedung Kongres yang direspons polisi dengan tembakan peluru karet.

Menurut laporan Reuters, para pengunjuk rasa kemudian menyerbu gedung Kongres dan membakarnya. Foto-foto amuk massa telah beredar di media sosial.

”Sebuah kudeta telah dilakukan. Kami akan menolak dan kami mengundang orang-orang untuk menolak dengan kami,” kata Senator Desiree Masi dari Partai Demokrat Progresif (kubu oposisi).

Menurut laporan media setempat, para demonstran berhasil menyerbu lantai pertama Kongres setelah menerobos barisan polisi bersenjata. Massa membakar kertas dan kursi yang menyebabkan api melahap seluruh bangunan di lantai pertama.

Bangunan akhirnya ditutup oleh polisi setelah seluruh lantai dasar dilaporkan ludes terbakar. Menurut media lokal, beberapa anggota parlemen masih berada di dalam gedung.

”Kami menjamin bahwa polisi tidak akan menekan (Anda) lagi. Kami meminta Anda untuk tidak memecah jendela, tidak mencoba untuk memasuki gedung Kongres,”kata komandan polisi, Crisis Sotelo, di stasiun televisi. ”Kami meminta tenang, tenang.”
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5289 seconds (0.1#10.140)