Kennedy Sebut Adolf Hitler Sebagai Legenda

Jum'at, 24 Maret 2017 - 13:46 WIB
Kennedy Sebut Adolf Hitler Sebagai Legenda
Kennedy Sebut Adolf Hitler Sebagai Legenda
A A A
Sebuah buku harian yang disimpan oleh Presiden John F Kennedy (JFK) sebagai seorang pria muda yang bepergian di Eropa di lelang. Buku harian itu mengungkapkan sisi lain seorang Kennedy yang ternyata mempunyai ketertarikan dengan pemimpin Nazi Jerman, Adolf Hitler.

"Hitler akan muncul dari kebencian yang mengelilingi dia sekarang sebagai salah satu tokoh yang paling berpengaruh yang pernah hidup. Ia memiliki sesuatu dalam dirinya hal-hal yang membuatnya menjadi legenda," tulis Kennedy dalam buku hariannya seperti dikutip dari BBC, Jumat (24/3/2017).

Kennedy menulis hal itu pada musim panas 1945 setelah melakukan tur ke Gunung Jerman tempat perlindungan pemimpin Nazi itu.

"Hitler memiliki ambisi yang tak terbatas untuk negaranya yang membuatnya menjadi ancaman terhadap perdamaian dunia, tetapi ia memiliki misteri tentang dirinya dalam cara ia hidup dan dengan cara kematiannya yang akan hidup dan tumbuh setelahnya," tulis Kennedy lagi

Buku harian setelah 61 halaman itu disimpan oleh Kennedy sekitar empat bulan setelah Hitler bunuh diri. Buku diari itu dianggap oleh sejarawan menjadi satu-satunya buku harian yang pernah disimpan oleh presiden ke-35 Amerika Serikat itu.

Buku harian Kennedy

Pada saat itu, pria Amerika muda itu tengah melakukan tur sebagai wartawan surat kabar setelah menyelesaikan dinas militer di atas kapal laut di Samudera Pasifik. Dua dekade kemudian, Kennedy akan mengatasi banyak permasalahan di Berlin Barat sebagai presiden AS.

Salinan asli buku itu akan dilelang untuk pertama kalinya pada tanggal 26 April mendatang di Boston oleh pemilik lamanya Deirdre Henderson. Henderson yang bekerja sebagai asisten peneliti untuk JFK saat ia menjadi seorang senator AS yang berambisi menduduki Gedung Putih.

Kennedy memberikan Henderson buku harian itu untuk menginformasikan pandangannya tentang kebijakan luar negeri dan keamanan nasional.

Henderson menyatakan Kennedy memberikan buku hariannya itu untuk menginformasikan pandangannya tentang kebijakan luar negeri dan keamanan nasional.

"Ketika JFK mengatakan bahwa Hitler 'dalam dirinya memiliki hal-hal yang membuatnya menjadi legenda', ia berbicara dengan misteri di sekitarnya, tidak kejahatan yang ditunjukkan kepada dunia," tulis Henderson dalam deskripsi lelang.

"Tidak ada tempat di buku harian ini, atau di salah satu tulisannya, indikasi simpati terhadap kejahatan Nazi atau penyebabnya," lanjutnya.

Buku harian itu juga berisi pemikiran JFK tentang pemilu Inggris dan Winston Churchill, yang Henderson sebut sebagai "idola".

Diharapkan, buku ini akan laku sekitar sekitar USD 200.000.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5358 seconds (0.1#10.140)