Korut: AS dan Korsel di Balik Ketegangan Kami dan Malaysia

Kamis, 16 Maret 2017 - 18:40 WIB
Korut: AS dan Korsel...
Korut: AS dan Korsel di Balik Ketegangan Kami dan Malaysia
A A A
BEIJING - Korea Utara (Korut) menyebut Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) berada di balik ketegangan antara Korut dan Malaysia. Menurut Korut, kedua negara itu adalah dalang dari pembunuhan Kim Jong-nam.
Pak Myong-ho, seorang diplomat Korut yang bertugas di Beijing menyatakan, kematian Jong-nam sangat menguntungkan AS dan Korsel. Tujuan utama kedua negara tersebut adalah untuk meruntuhkan pemerintah Korut saat ini.
"Insiden yang terjadi di Malaysia jelas skema politik oleh AS dan Korsel, yang bertujuan untuk menyakiti reputasi DPRK dan menggulingkan rezim DPRK," kata Myong-ho dalam sebuah pernyataan, menggunakan nama resmi dari Korut.
"Satu-satunya pihak yang akan mendapatkan keuntungan dari kejadian ini adalah negara-negara musuh." sambungnya, seperti dilansir Russia Today pada Kamis (16/3).
Terkait Jong-nam, pemerintah Malaysia beberapa waktu lalu mengatakan, mereka sudah 100 persen yakin pria yang tewas di Bandara Internasional Kuala Lumpur itu benar-benar kakak tiri Kim Jong-un. Kuala Lumpur menyebut kepastian ini didapat setelah dilakukannya tes DNA.
Namun, pemerintah Malaysia enggan mengungkap sumber DNA pembanding Jong-nam. Mereka hanya mengatakan DNA tersebut didapat dari seorang anak.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2096 seconds (0.1#10.140)