Bahas Korut, Menlu AS Terbang ke Asia

Rabu, 08 Maret 2017 - 18:26 WIB
Bahas Korut, Menlu AS Terbang ke Asia
Bahas Korut, Menlu AS Terbang ke Asia
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Rex Tillerson dilaporkan akan melakukan kunjungan perdana ke Asia pekan depan. Tillerson dilaporkan akan melakukan kunjungan kerja ke tiga negara Asia.
Melansir Channelnewsasia pada Rabu (8/3), Tillerson akan tiba di Jepang pada tanggal 15 Maret, kemudian dia terbang ke Korea Selatan (Korsel) pada 17 Maret, dan mengakhiri tur Asianya dengan mengunjungi China pada 18 Maret.
Fokus pembicaraan yang akan dilakukan Tillerson dalam kunjungan ke Asia adalah pada masalah Korea Utara (Korut). Selain itu, dia juga akan membahas mengenai kerjasama bilateral antara AS dan tiga negara tersebut.
Seperti diketahui, Korut beberapa hari lalu kembali melakukan uji coba rudal. Korut setidaknya menembakan empat buah rudal ke arah Laut Jepang, dimana salah satu diantaranya jatuh di dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Jepang.
Selain karena uji coba rudal, kunjungan Tillerson ini juga dilatarbelakangi oleh pembunuhan Kim Jong-nam. Dimana pembunuhan kakak tiri Kim Jong-un itu telah menyebabkan ketegangan diplomatik Malaysia dan Korut. Ketegangan keduanya ditakutkan akan memperburuk situasi di di kawasan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5900 seconds (0.1#10.140)