Indonesia Tegaskan Siap Bantu Rekonstruksi Yaman

Selasa, 07 Maret 2017 - 23:25 WIB
Indonesia Tegaskan Siap Bantu Rekonstruksi Yaman
Indonesia Tegaskan Siap Bantu Rekonstruksi Yaman
A A A
JAKARTA - Indonesia menegaskan siap untuk membantu rekonstruksi Yaman pasca perang. Yaman setidaknya sudah dua tahun dilanda perang antara pemerintah dan milisi Houthi, dimana perang itu masih terjadi sampai saat ini.

Menurut Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia, A.M. Fachir, penegasan tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Indonesia Joko Widodo saat melakukan pertemuan dengan Presiden Yaman Abd Rabou Mansour Hadi di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indian Ocean Rim Asociaton (IORA) di Jakarta.

"Intinya menceritakan kondisi mereka. Kita dorong terus supaya Yaman bisa mengambil aksi untuk rekonsiliasi konflik mereka. Dengan proses rekonstruksinya, akan dengan senang hati kita berkontribusi," ucap Fachir.

"Mereka bilang sedang upayakan untuk bikin solusi damai yang menyertakan semua pihak. Harapan kita adanya penyelesaian konflik yang inklusif," sambung Mantan Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi tersebut pada Selasa (7/3).

Konflik di Yaman pecah pada tahun 2015 lalu. Konflik itu bermula saat milisi Houthi melakukan serangan terhadap Istana Kepresidenan Yaman. Hal ini menyebabkan Mansour Hadi kabur ke Arab Saudi, dan meminta Saudi untuk membantu mereka melawan Houthi.

Saudi kemudian membentuk koalisi Arab untuk memberangus Houthi, yang disebut-sebut didukung Iran. Sejumlah upaya damai yang ditengahi PBB selalu menemui jalan buntu, yang membuat konflik itu masih berlangsung sampai saat ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3616 seconds (0.1#10.140)