Jet-jet Rusia Siaga Cegat Drones NATO di Crimea

Jum'at, 03 Maret 2017 - 07:15 WIB
Jet-jet Rusia Siaga Cegat Drones NATO di Crimea
Jet-jet Rusia Siaga Cegat Drones NATO di Crimea
A A A
MOSKOW - Militer Rusia telah meningkatkan jumlah sorties keluar dari Crimea selama beberapa hari terakhir karena meningkatnya aktivitas drone NATO di daerah tersebut. Demikian pernyataan sumber keamanan Rusia.

Sumber itu mengatakan Sukhoi Su-30SM dan Su-27SM fighter multirole ditempatkan di Crimea untuk terus menerus bertugas dan waspada.

"Sorti oleh pesawat pencegat dari pangkalan udara Belbek menjadi lebih sering selama 10 hari terakhir karena aktivitas pesawat jarak jauh yang dikendalikan milik NATO sangat intensif di dekat perbatasan udara Krimea," kata sumber itu seperti dikutip dari Sputniknews, Jumat (3/3/2017).

Sumber itu menambahkan bahwa drone NATO, terutama jenis Poseidon dan Global Hawk UAV, dikendalikan oleh operator yang ditempatkan di negara-negara Mediterania. Drones tersebut melaksanakan pemantauan udara dan pengintaian di dekat perbatasan udara semenanjung Crimea.

"Kewaspadaan Rusia menunjukkan bahwa teknologi siluman tidak efektif terhadap pertahanan udara Rusia," kata sumber tersebut.

Seorang koresponden Sputnik juga menyaksikan pesawat pencegat lepas landas dari Belbek ke arah laut beberapa kali.

NATO telah meningkatkan kehadiran militernya di Eropa Timur selama beberapa tahun terakhir. Keputusan untuk berada di dekat perbatasan Rusia itu diambil dalam pertemuan puncak di Warsawa tahun lalu.

Moskow telah berulang kali mengkritik peningkatan kehadiran dari pasukan NATO dan fasilitas militer di dekat perbatasan Rusia.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3172 seconds (0.1#10.140)