Tagih Janji, Oposisi Suriah Temui Delegasi Rusia

Senin, 27 Februari 2017 - 21:14 WIB
Tagih Janji, Oposisi...
Tagih Janji, Oposisi Suriah Temui Delegasi Rusia
A A A
JENEWA - Delegasi oposisi Suriah yang menghadiri pembicaraan damai di Jenewa, Swiss mengatakan, mereka akan melakukan pertemuan dengan delegasi Rusia yang turut terlibat dalam pertemuan tersebut. Oposisi Suriah mengaku akan membahas sejumlah hal, termasuk menagih janji yang sempat diucapkan Moskow terkait situasi di Suriah.
"Komite Tinggi Negosiasi (HNC) akan bertemu dengan delegasi dari Kementerian Luar Negeri rusia," kata negosiator HNC, Mohammed Alloush ketika ditanya apakah ia berencana untuk bertemu dengan pejabat Rusia.
"Oposisi ingin membahas janji-janji yang belum mereka (Rusia) tepati sampai saat ini," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Senin (27/2).
Rusia bergabung dengan Turki dan Iran pada bulan Januari untuk mengadakan perundingan di Kazakhtan, yang menghasilan kesepakatan Astana. Kesepakatan ini memperkuat gencatan senjata yang rapuh yang membantu membuka jalan untuk babak baru perundingan perdamaian yang dipimpin PBB di Jenewa.
"Rusia tidak memenuhi kesepakatan gencatan senjata, meskipun janji-janji disampaikan oleh para pejabat tinggi dari delegasi Rusia," kata Alloush, merujuk pada kesepakatan Astana.
Alloush menambahkan, oposisi juga ingin membahas situasi kemanusiaan dan bersikeras perundingan Jenewa harus fokus pada transisi politik yang nyata.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0844 seconds (0.1#10.140)