Satu Tersangka Pembunuh Kim Jong-nam Terpapar Racun VX

Sabtu, 25 Februari 2017 - 06:55 WIB
Satu Tersangka Pembunuh...
Satu Tersangka Pembunuh Kim Jong-nam Terpapar Racun VX
A A A
KUALA LUMPUR - Satu dari dua wanita yang jadi tersangka pembunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri diktator Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, terpapar racun VX. Polisi Malaysia menyatakan, agen saraf VX merupakan racun yang digunakan untuk membunuh Kim Jong-nam.

Kepala Polisi Diraja Malaysia Khalid Abu Bakar mengonfirmasi satu tersangka yang terpapar racun itu. Namun, dia tidak menyebut siapa tersangka wanita yang terpapar racun VX.

“Dia muntah,” kata Khalid, ketika ditanya gejala tersangka yang terpapar racun. Agen VX dikategorikan sebagai senjata pemusnah massal oleh PBB.

Polisi Malaysia sedang menyelidiki apakah racun VX dibuat di Malaysia atau dibawa dari negara lain oleh tersangka.

Dua tersangka wanita dalam kasus pembunuhan Kim Jong-nam adalah Doan Thi Huong, 28, asal Vietnam dan Siti Aisyah, 25, asal Indonesia. Dari rekaman CCTV, Doan yang diduga mengoleskan racun VX ke wajah Kim Jong-nam. Sedangkan Siti berperang mengalihkan perhatian korban saat diserang dari belakang.

Khalid, seperti dikutip Reuters, Sabtu (25/2/2017), menolak untuk menjelaskan lebih lanjut dampak yang dialami tersangka setelah terpapar racun VX.

Kim Jong-nam meninggal setelah diserang di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada 13 Februari lalu. Kasus pembunuhan Kim Jong-nam ini telah memicu perseteruan diplomatik antara Korut dan Malaysia, setelah Korut menuduh Malaysia berkomplot dengan Korea Selatan untuk menyembunyikan sesuatu dalam penyelidikan kasus ini.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0881 seconds (0.1#10.140)