Tersangka Pembunuh Kim Jong-nam Hidup Misterius 3 Tahun di Malaysia

Rabu, 22 Februari 2017 - 00:34 WIB
Tersangka Pembunuh Kim...
Tersangka Pembunuh Kim Jong-nam Hidup Misterius 3 Tahun di Malaysia
A A A
KUALA LUMPUR - Ri Jong-chol, 47, pria asal Korea Utara (Korut) yang jadi tersangka pembunuhan Kim Jong-nam, 46, kakak tiri pemimpin Korut Kim Jong-un, sudah tinggal di Malaysia selama tiga tahun secara misterius. Selama tiga tahun, dia hidup tanpa bekerja dan tak tahu mendapatkan uang dari mana untuk bertahan hidup.

Ri ditangkap dalam penyelidikan kasus pembunuhan Kim Jong-nam pekan lalu. Dia ditangkap setelah dua wanita tersangka lainnya, yakni Siti Aisyah, 25, asal Indonesia dan Doan Thi Huong, 28, asal Vietnam ditangkap lebih dulu. Dua wanita itu diduga terlibat langsung pembunuhan terhadap korban dengan racun.

Ri memiliki visa kerja Malaysia. Dia tercatat sebagai karyawan perusahaan jamu kecil bernama Tombo Enterprise. Anehnya, status karyawan itu hanya formalitas, karena dia tak pernah bekerja dan tidak pernah menarik gaji.

Chong Ah Kow, petinggi di perusahaan jamu itu mengatakan bahwa dia yang memfasilitas visa kerja Ri. Menurutnya, Ri adalah seorang manajer pengembangan produk di departemen IT perusahaan dan berhak mendapatkan 5.500 ringgit per bulan.

Visa Ri, kata dia, diperbaharui sekali, yakni pada Juni 2016. ”Itu hanya formalitas, hanya dokumen, saya tidak pernah membayarnya,” kata Chong, yang merupakan warga Malaysia.

“Saya tidak tahu bagaimana dia bertahan di sini. Saya tidak tahu bagaimana dia mendapatkan uang,” katanya lagi kepada Reuters, yang dilansir Rabu (22/2/2017).

Chong mengaku sering ke Korut hanya untuk membantu Ri. Dia telah diinterogasi polisi Malaysia. Dia mengaku siap untuk menghadapi konsekuensi apapun karena memberikan informasi palsu kepada pemerintah Malaysia.

Chong mengatakan, Ri yang merupakan ahli kimia itu tinggal bersama istri dan dua anak di Kuala Lumpur. Hingga kini belum jelas, apakah Ri mempunyai pekerjaan sampingan atau sumber pendapatan lain untuk bertahan hidup di Malaysia.

Pihak Kepolisian Diraja Malaysia belum bisa memberikan komentar untuk menjelaskan bagaimana Ri bisa menjamin kehidupan keluarganya di Malaysia dengan menjalani kehidupan yang misterius selama tiga tahun ini.

Chong mengatakan Ri menyewa sebuah apartemen di Kuchai Lama, sebuah apartemen kelas menengah di pinggiran Kuala Lumpur. Apartemen yang dia huni terdiri dari tiga kamar tidur dengan biaya sewa sekitar 1.500-2.000 ringgit per bulan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1454 seconds (0.1#10.140)