Kritik Trump, Direktur Senior NSA Dipecat

Minggu, 19 Februari 2017 - 23:29 WIB
Kritik Trump, Direktur Senior NSA Dipecat
Kritik Trump, Direktur Senior NSA Dipecat
A A A
WASHINGTON - Gedung Putih dikabarkan memecat seorang direktur senior Dewan Keamanan Nasional (NSA) karena mengkritik Presiden Trump. Ini adalah kedua kalinya seorang petinggi dipecat karena bersebrangan dengan Pemerintahan Trump.

Direktur senior NSC untuk Western Hemisphere Affairs, Craig Deare, dipecat setelah ia secara terbuka mengejek Trump di sebuah acara off the record awal pekan ini seperti dilaporkan oleh Politico.

Sebuah sumber mengatakan kepada Politico, Deare mengkritik presiden dan kepala strategi serta penasehat dekat Steve Bannon di lembaga think-tank Woodrow Wilson Centre di depan sekitar dua lusin sarjana.

Deare juga mengeluhkan bahwa pembantu senior NSC tidak memiliki jalur komunikasi langsung dengan presiden. Kritik publiknya dilaporkan juga termasuk mengungkap pembicaraan memalukan antara Trump dengan Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto seperti dikutip dari Independent, Minggu (19/2/2017).

Deare diangkat oleh Michael Flynn, yang mengundurkan diri kurang dari sebulan setelah menjabat. Flynn mengundurkan diri setelah ia diketahui melakukan pembicaraan dengan seorang diplomat Rusia mengenai sanksi AS sebelum Trump menjabat.

Hal ini adalah ilegal untuk seorang warga negara untuk melakukan diplomasi atas nama AS.

Sebelumnya, pemerintahan Trump juga memecat seorang jaksa agung AS. Jaksa Agung Sally Yates setelah menolak menjalankan perintah eksekutif presiden soal pemeriksaan ekstrem untuk imigran asal tujuh negara Muslim. Posisi Yates kini digantikan oleh Dana Boente, seorang jaksa AS untuk Distrik East Virginia.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4994 seconds (0.1#10.140)