Salah Satu Dam Terbesar AS akan Runtuh, Warga Diperintah Mengungsi

Senin, 13 Februari 2017 - 09:52 WIB
Salah Satu Dam Terbesar AS akan Runtuh, Warga Diperintah Mengungsi
Salah Satu Dam Terbesar AS akan Runtuh, Warga Diperintah Mengungsi
A A A
CALIFORNIA - Lake Oroville Dam, salah satu dam atau bendungan terbesar Amerika Serikat (AS) yang ada di California dilaporkan akan runtuh. Para pejabat di California mengeluarkan perintah agar seluruh warga di dekat dam mengungsi.

Perintah bagi warga agar segera mengungsi itu dikeluarkan pihak sheriff di Butte County, California. Menurut mereka, dam itu sudah rusak dan setiap saat bisa runtuh.

”Evakuasi (warga) dari area bawah Oroville dan daerah hilir diperintahkan. Ini bukan latihan. Ini bukan latihan. Ini bukan latihan,” bunyi pernyataan Sheriff Bute County yang ditulis di halaman Facebook-nya, seperti dikutip Reuters, Senin (13/2/2017).

Bangunan Lake Oroville Dam terletak 105km (65 mil) sebelah utara Sacramento. ”Spillway bendungan itu diperkirakan gagal (bekerja) dalam satu jam berikutnya,” kata Departemen Sumber Daya Air (DWR) California dalam sebuah pernyataan yang dirilis Minggu pagi waktu setempat atau hari ini (13/2/2017) WIB.

Kantor Layanan Darurat Yuba County di California juga mengeluarkan perintah bagi warga untuk tidak melakukan perjalanan ke dekat Lake Oroville Dam.

Dam raksasa yang sudah rusak itu kondisinya mengkhawatirkan setelah diguyur hujan lebat dan salju dalam beberapa hari terakhir. Pada hari Kamis lalu, beberapa peralatan pengaman dam telah lepas. Kondisi itu bisa memicu banjir bandang.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5407 seconds (0.1#10.140)