Washington Post: Penasihat Trump Bahas Sanksi dengan Utusan Rusia

Jum'at, 10 Februari 2017 - 15:10 WIB
Washington Post: Penasihat...
Washington Post: Penasihat Trump Bahas Sanksi dengan Utusan Rusia
A A A
WASHINGTON - Penasihat keamanan nasional Gedung Putih Michael Flynn secara pribadi membahas sanksi Amerika Serikat (AS) terhadap Rusia dengan dubes Moskow. Pembahasan itu dilakukan satu bulan sebelum Presiden Donald Trump menjabat, demikian laporan Washington Post.

Mengutip pejabat dan mantan pejabat yang tidak disebutkan namanya, Washington Post mengatakan beberapa pejabat senior menafsirkan kontak itu sebagai sinyal yang berpotensi ilegal ke Rusia. Hal itu bisa diduga sebagai penangguhan hukuman dari sanksi yang dikenakan oleh pemerintah Obama pada bulan Desember seperti dikutip dari Reuters, Jumat (10/2/2017).

Washington Post mengatakan Flynn pada hari Rabu membantah jika ia telah membahas sanksi dengan duta besar Rusia, tapi pada hari Kamisnya juru bicaranya membenarkan hal tersebut. "Flynn menyatakan untuk sementara ia tidak ingat telah membahas sanksi, ia tidak dapat memastikan bahwa topik tersebut dibicarakan," kata juru bicara Flynn.

Menurut Washington Post, para pejabat mengatakan, pekan ini FBI terus memeriksa kontak Flynn dengan Kislyak. "Beberapa pejabat menekankan bahwa sementara terjadi pembahasan sanksi, mereka tidak melihat bukti bahwa Flynn memiliki maksud untuk menyampaikan janji eksplisit untuk mengambil tidnakan setelah pelantikan," demikian laporan Washington Post.

Reuters sendiri tidak bisa segera mengkonfirmasikan laporan Washington Post tersebut.

Reuters pada bulan lalu melaporkan, mengutip tiga sumber yang mengetahui masalah itu, Flynn telah lima kali melakukan panggilan telepon dengan Duta Besar Rusia Sergei Kislyak pada tanggal 29 Desember. Beberapa hari kemudian Presiden Barack Obama menjatuhkan sanksi kepada Rusia karena diduga mengganggu pemilihan presiden 2016 AS.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1128 seconds (0.1#10.140)