Grand Syeikh Al Azhar Puji RI Terkait Rohingnya

Senin, 06 Februari 2017 - 21:01 WIB
Grand Syeikh Al Azhar Puji RI Terkait Rohingnya
Grand Syeikh Al Azhar Puji RI Terkait Rohingnya
A A A
KAIRO - Grand Syeikh al-Azhar Ahmed Mohammad Ahmed al-Tayyeb memuji langkah-langkah yang diambil Indonesia dalam membantu mengatasi masalah Rohingnya. Pujian itu disampaikaan saat Ahmed al-Tayyeb bertemu dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi di Kairo, Mesir.
Menurut siaran pers Kementerian Luar Negeri Indonesia yang diterima Sindonews pada Senin (6/2), Ahmed al-Tayyeb menyatakan, ia sangat menghargai langkah Indonesia selama ini untuk mendukung Myanmar dan menyelesaikan masalah di Rakhine State melalui pendekatan yang inklusif.
Dia menekankan pentingnya kerja sama dan koordinasi baik di Myanmar maupun bagi komunitas internasional yang ingin membantu. Al Azhar siap untuk bekerja sama dengan Indonesia, Myanmar dan negara lainnya membantu membuat situasi di Rakhine State lebih baik.
"Situasi di Rakhine State sangat kompleks dan tidak akan dapat diselesaikan hanya dengan memberi fokus kepada kepentingan komunitas tertentu atau melalui teriakan-teriakan moral tanpa langkah konkrit," ucap Ahmed al-Tayyeb.
Sementara itu, di kesempatan yang sama keduanya juga membahas mengenai dunia Islam. Keduanya sependapat mengenai banyaknya tantangan yang dihadapi dunia Islam saat ini.
Keduanya juga sepakat untuk mengatasi masalah yang ada dibutuhkan kerja sama erat semua unsur di dunia Islam, guna mendorong terciptanya kondisi kondusif bagi perdamaian, stabilitas dan pembangunan yang inklusif tidak saja di negara negara Islam namun juga di dunia.
"Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung upaya konstruktif bagi terciptanya harmoni, perdamaian, stabilitas dan kesejahteraan dunia," ucap Retno.
Retno menambahkan Indonesia dan Al Azhar telah sepakat untuk menjalin kerja sama untuk melakukan dialog antar agama dan antar komunitas untuk menyebarkan nilai nilai Islam yang damai.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2812 seconds (0.1#10.140)