AS Minta Korsel Tangkap Saudara Mantan Sekjen PBB

Sabtu, 21 Januari 2017 - 17:04 WIB
AS Minta Korsel Tangkap Saudara Mantan Sekjen PBB
AS Minta Korsel Tangkap Saudara Mantan Sekjen PBB
A A A
NEW YORK - Pemerintah Amerika Serikat (AS) telah meminta Korea Selatan (Korsel) untuk menangkap saudara mantan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon. Penangkapan itu atas tuduhan keterlibatannya dalam skema suap dalam penjualan kompleks bangunan Vietnam, kata Jaksa AS.

Selama sidang pengadilan di pengadilan federal di Manhattan, Asisten Kejaksaan AS Daniel Noble mengatakan bahwa permintaan telah dibuat untuk penangkapan Ban Ki-sang. Ki-sang adalah seorang eksekutif di perusahaan konstruksi Korea Selatan Keangnam Enterprises Co Ltd.

Noble mengatakan AS juga berencana untuk mencari upaya ekstradisi. "Tapi sepertinya belum, dia belum ditangkap," seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (21/1/2017).

Sementara itu, Kementerian Kehakiman Korsel tengah membahas permintaan untuk menangkap Ki-seng. Namun, menurut kantor berita Yonhap, pembahasan itu belum memasuki konsultasi formal mengutip sumber di pengadilan negara.

Ban Ki-sang adalah salah satu dari empat orang yang dituduh terlibat suap pada 10 Januari lalu. Tuduhan ini muncul ditengah wacana Ban Ki-moon maju sebagai presiden Korsel setelah masa jabatannya sebagai Sekjen PBB berakhir.

Baca juga:
Adik dan Keponakan Eks Sekjen PBB Ban Ki-moon Didakwa Kasus Suap
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7096 seconds (0.1#10.140)