Tentara Irak Berhasil Rebut Komplek Makam Nabi Yunus dari ISIS

Selasa, 17 Januari 2017 - 13:32 WIB
Tentara Irak Berhasil Rebut Komplek Makam Nabi Yunus dari ISIS
Tentara Irak Berhasil Rebut Komplek Makam Nabi Yunus dari ISIS
A A A
BAGHDAD - Unit kontraterorisme Irak atau CTS mengatakan, mereka telah berhasil merebut salah satu situs bersejarah di Mosul. CTS, beserta tentara Irak berhasil merebut kembali komplek makam Nabi Yunus dari tangan ISIS.
"Kami merebut kembali wilayah komplek Nabi Yunus, dan kami sudah mengibarkan bendera Irak di sana," kata juru bicara CTS, Sabah al-Noman dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Times of Israel pada Selasa (17/1).
Dia menambahkan, dua lingkungan lainnya di Mosul timur juga berhasil direbut kembali dari tangan ISIS. Sejauh ini, lanjut Noman, pasukan gabungan Irak sudah berhasil menguasai hampir 90 persen wilayah di timur Mosul.
Pada bulan Juli 2014, beberapa pekan setelah menduduki Mosul dan banyak kota lainnya di Irak, ISIS membuat tindakan yang mengejutkan. Kelompok pimpinan Abu Bakar al-Baghdadi itu menghancurkan komplek makam Nabi Yunus, yang langsung memicu kemarahan global.
Komplek makam Nabi Yunus adalah salah satu tempat ziarah paling terkenal di Irak. Bukan hanya Muslim yang mendatangi makam tersebut, melainkan juga kaun Nasrani. Ini dikarenakan Nabi Yunus tidak hanya dikenal sebagai salah satu dari 25 nabi dan rasul dalam ajaran Islam, tapi juga salah satu tokoh penting yang disebutkan dalam Injil.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3315 seconds (0.1#10.140)