Maret, Para Pemimpin Kawasan Samudra Hindia Kumpul di Indonesia

Kamis, 12 Januari 2017 - 15:50 WIB
Maret, Para Pemimpin Kawasan Samudra Hindia Kumpul di Indonesia
Maret, Para Pemimpin Kawasan Samudra Hindia Kumpul di Indonesia
A A A
JAKARTA - Indonesia pada Maret mendatang akan menjadi tuan rumah pertemuan para pemimpin negara kawasan Samudra Hindia atau yang dikenal dengan nama IORA. Pertemuan ini akan digelar pada tanggal 7 Maret mendatang.

Menurut Direktur Mitra Wicara Kawasan Asia dan Pasifik Kementerian Luar Negeri Indonesia, Benjamin Karnadi, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ini merupakan KTT pertama yang dijalani IORA. Sebelumnya, pertemuan IORA hanya terbatas pada tingkat Menteri Luar Negeri.

"Jadi, kita sedang persiapan untuk KTT IORA. Ini KTT pertama. Tidak ada di piagam IORA untuk mekanisme KTT, yang biasanya berakhir di pertemuan tingkat menteri,” ujar Benjamin pada Kamis (12/1/2017).

”Ini untuk memperingati 20 tahun berdirinya IORA. Kita ingin menginisiasi, mumpung saat ini kita sedang menjadi ketua. Ingin menyelenggarakan KTT,” lanjut Benjamin.

“Indonesia kan menjadi titik tumpu dua samudra Pasifik dan Hindia. Kita ingin mewujudkan peran kita di Samudra Hindia. Menteri Luar Negeri mengatakan RI ingin menjadi perekat Samudra Hindia dan Pasifik. Jadi, ini akan menjadi perekatnya,” imbuh dia.

Ditanya kepala negara mana saja yang memastikan hadir, Benjamin menyebut sudah ada tiga kepala negara, yakni dari Afrika Selatan, Sri Lanka, dan Australia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5423 seconds (0.1#10.140)