Ini Fokus Diplomasi RI di Tahun 2017

Selasa, 10 Januari 2017 - 21:03 WIB
Ini Fokus Diplomasi RI di Tahun 2017
Ini Fokus Diplomasi RI di Tahun 2017
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Indonesia Retno Marsudi menjabarkan fokus diplomasi Indonesia pada tahun 2017. Setidaknya ada 14 poin fokus diplomasi di tahun ini. Berbicara saat menyampaikan pidato tahunan di kantor Kementerian Luar Negeri Indonsia, Retno menuturkan, poin pertama diplomasi RI pada tahun 2017 adalah penguatan kontribusi Indonesia di ASEAN. Kedua, Indonesia akan memastikan perdamaian dan stabilitas di kawasan.

Lalu, mengenai IORA, Retno menyatakan IORA merupakan arsitektur di kawasan yang sangat diperlukan oleh lingkar Samudera Indonesia. "Mengoptimalkan dukungan pada pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan (DK) PBB demi berkontribusi nyata bagi perdamaian global, sesuai amanat konstitusi," ucap Retno pada Selasa (10/1).

Selanjutnya adalah menganai mewujudkan visi 4.000 peacekeepers tahun 2019, termasuk melalui pengiriman satu batalyon komposit berkekuatan 800 personel. Berikutnya berturut-turut mengenai Palestina, Bali Democracy Forum, dan masalah penyelesaian perbatasan dengan negara tetangga.

"Mengintensifkan kerja sama pembangunan, perdagangan, dan investasi dengan negara-negara potensial, terutama dengan kawasan Afrika dan Amerika Latin," ucapnya.

"Mendorong percepatan perundingan kemitraan ekonomi yang sedang berjalan, serta menjajaki kerjasama ekonomi lainnya, berdasarkan prinsip yang saling menguntungkan," sambungnya.

Berikutnya adalah mengenai peluncuran Pusat Komando Digital, memperkuat perlindungan terhadap warga negara ndonesia di luar negeri, soal kerjasama kontra-terorisme, dan terakhir mengenai HAM.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5911 seconds (0.1#10.140)