Terungkap, Diplomat Israel Ingin Hancurkan Politisi Inggris Pro Palestina

Minggu, 08 Januari 2017 - 14:28 WIB
Terungkap, Diplomat Israel Ingin Hancurkan Politisi Inggris Pro Palestina
Terungkap, Diplomat Israel Ingin Hancurkan Politisi Inggris Pro Palestina
A A A
LONDON - Seorang diplomat senior Israel di London telah ditegur setelah ia mengakui rencana untuk "menghancurkan" Wakil Menteri Luar Negeri Inggris, Sir Alan Duncan. Sir Alan Duncan dikenal sebagai anggota legislator pro Palestina.

Shai Masot, seorang diplomat politik senior di Kedutaan Besar Israel di Inggris, mengaku ingin merusak karis Sir Alan Duncan. Berbicara dengan Maria Strizzolo, seorang pembantu politik untuk menteri Konservatif Robert Halfon, Masot mengatakan Duncan melakukan banyak masalah. Masot pun ingin memberikan referensi daftar anggota parlemen Inggris dan ia ingin Strizzolo untuk mencatatnya.

Pertemuan Masot dengan Strizzolo berhasil diabadikan oleh unit investigasi Al Jazeera untuk sebuah program yang mengungkapkan upaya pemerintah Israel untuk mempengaruhi demokrasi Inggris. Program itu menampilkan upaya pemerintah Israel untuk menyusup ke pihak konservatif dan buruh untuk memanipulasi kebijakan dan agenda mereka. Program itu sendiri belum dirilis.

Dua politisi lain yang disebut dalam perbincangan itu adalah Crispin Blunt MP, Ketua pro-Palestina dari komite luar negeri dan Boris Johnson, Menteri Luar Negeri Inggris. Namun tampaknya Masot tidak tertarik.

"Kau tahu [Boris] adalah idiot, tapi sejauh ini ia telah menjadi Menteri Luar Negeri tanpa jenis tanggung jawab," kata Masot seperti dikutip dari The New Arab, Minggu (8/1/2017).

Terkait kejadian ini, Duta Besar Israel untuk Inggri Mark Regev meminta maaf kepada Duncan. Sementara juru bicara Israel mengatakan kedutaan menganggap pernyataan itu benar-benar tidak dapat diterima.

Masot sendiri menolak kesempatan untuk memberikan komentar atau memberikan penjelasan apa yang dimaksud ketika ia mengatakan ia ingin menghancurkan sejumlah anggota parlemen.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5891 seconds (0.1#10.140)