Kapal Induk China Kembali Masuki Kawasan Laut China Selatan

Senin, 26 Desember 2016 - 18:07 WIB
Kapal Induk China Kembali Masuki Kawasan Laut China Selatan
Kapal Induk China Kembali Masuki Kawasan Laut China Selatan
A A A
BEIJING - Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan, kapal induk China,Liaoning, beserta sejumlah kapal perang kecil lainnya mulai kembali memasuki kawasan Laut China Selatan. Rombongan kaal perang China memasuki Laut China Selatan setelah melakukan latihan di wilayah Pasifik barat.
"Kapal induk Liaoning, disertai dengan lima kapal, melalui bagian tenggara dari Kepulauan Pratas, yang dikendalikan oleh Taiwan, menuju barat daya," kata Kemhan Taiwan, seperti dilansir Reuters pada Senin (26/12).
Juru bicara Kemhan Taiwan, Chen Chung-chi mengatakan, pihaknya terus memantau pergerakan rombongan kapal perang China tersebut. "Kami terus memantau dan memahami situasi yang akan kami hadapi," ucapnya.
Liaoning sendiri adalah kapal induk kelas Admiral Kuznetsov yang awalnya diluncurkan untuk Uni Soviet pada tahun 1988. Cina memperoleh kapal yang tidak utuh dari Ukraina sepuluh tahun kemudian dan mengoperasikan kapal induk itu pada tahun 2012.
Latihan perang yang diikuti Lioning di Pasifik barat diketahui merupakan kali pertama kapal induk tersebut berpartisipasi dalam pelatihan laut terbuka. Menurut Global Times, Liaoning akan melakukan latihan lebih lanjut di bagian lain dari wilayah maritim China yang meliputi Laut Bohai, Laut Kuning, Laut China Timur dan Laut Cihna Selatan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5642 seconds (0.1#10.140)