Pemerintah Venezuela Bebaskan 4 Aktivis Anti Pemerintah

Selasa, 13 Desember 2016 - 20:28 WIB
Pemerintah Venezuela Bebaskan 4 Aktivis Anti Pemerintah
Pemerintah Venezuela Bebaskan 4 Aktivis Anti Pemerintah
A A A
CARACAS - Pemerintah Venezuela membebaskan 4 aktivis anti-pemerintah yang menjadi penentang keras Presiden Nicola Maduro. Namun, kubu oposisi tetap menuntut pembebasan lebih dari 100 tahanan politik lainnya yang saat ini masih mendekam di dalam penjara.

"Empat orang ini dibebaskan semalam. Tentu saja, kami harus mengungkapkan sikap senang dan puas. Tapi, semua tahanan politik tidak bersalah dan mereka semua pantas dibebaskan,” kata Yesus Torrealba, Kepala Koalisi Oposisi Venezuela, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (13/12).

Empat orang yang dibebaskan itu adalah Gilberto Sojo yang berprofesi sebagai pegawai bank, Vladimir Araque (insinyur), pensiunan jenderal Romer Mena, dan pengacara Leopoldo D'Alta. Empat orang ini ditangkap pada tahun 2014 dan 2015 dengan sejumlah tuduhan, seperti mengobarkan kekerasan dan merencanakan melawan pemerintah sosialis Venezuela.

Empat orang itu telah menyangkal tuduhan yang dialamatkan pada mereka. Namun, Pemerintah Venezuela tetap menjebloskan mereka ke dalam penjara. Hingga kini, belum ada pernyataan resmi dari Pemerintah Venezuela soal pembebasan 4 tahan politik ini.

Maduro menduduki kursi Presiden Venezuela setelah Hugo Chavez wafat pada 2013 silam. Maduro menuding, lawan-lawan politiknya yang didukung oleh Amerika Serikat mencoba menggulingkan kekuasannya. Pemerintah Venezuela juga menyangkal adanya tahanan politik di negara itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5839 seconds (0.1#10.140)