Militan Kurdi Klaim Bom Istanbul

Senin, 12 Desember 2016 - 07:41 WIB
Militan Kurdi Klaim Bom Istanbul
Militan Kurdi Klaim Bom Istanbul
A A A
ISTANBUL - Sebuah cabang dari militan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) mengaku bertanggung jawab atas serangan bom kembar di Istanbul. Serangan bom yang terjadi di luar stadion sepak bola tersebut menewaskan 38 orang dan melukai 155 orang lainnya.

Kelompok Kurdistan Freedom Hawks (TAK) mengakau berada di belakang serangan bom pada Sabtu malam tersebut. Pemerintah Turki pun bersumpah akan membalasnya seperti dikutip dari laman Reuters, Senin (12/12/2016).

Kelompok TAK telah mengklaim beberapa serangan mematikan di Turki tahun ini. Kelompok ini adalah cabang dari PKK, kelompok yang selama tiga dekade melakukan pemberontakan terutama di sebelah tenggara Turki.

Serangan bom terjadi di dekat Vodafone Arena, kandang tim sepak bola Besiktas Istanbul. Serangan itu terjadi sekitar dua jam setelah pertandingan di stadion dan nampaknya menargetkan polisi. Bom pertama adalah bom mobil yang terjadi di luar stadion, selang satu menit kemudian serangan bom bunuh diri menghantam sebuah taman yang tidak jauh dari lokasi.

"Apa harus kita fokuskan adalah pada beban dari teror ini. Warga kami seharusnya tidak diragukan lagi akan melanjutkan pertempuran melawan teror sampai akhir," kata Presiden Turki Tayyip Erdogan setelah bertemu dengan para korban yang terluka di rumah sakit Istanbul.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6787 seconds (0.1#10.140)
pixels