Admiral Tributs, Kapal Perang Rusia Pemburu Kapal Selam

Rabu, 02 November 2016 - 23:45 WIB
Admiral Tributs, Kapal Perang Rusia Pemburu Kapal Selam
Admiral Tributs, Kapal Perang Rusia Pemburu Kapal Selam
A A A
JAKARTA - Rusia dikenal sebagai salah satu negara produsen peralatan militer terbaik di dunia. Salah satu karya tangan Rusia adalah kapal Admiral Tributs, yang saat ini tengah merapat di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Menurut Laksaman Muda Eduard Mikhallov, yang merupakan Kapten Admiral Tributs, Kapal perang dengan panjang 163 meter tersebut adalah kapal yang memiliki tugas khusus, yakni memburu dan menghancurkan kapal selam musuh.

"Kapal ini dibangun 30 tahun lalu di Lengingard. Sebelum berkunjung ke Jakarta, kapal ini sudah mengalami tiga kali modernisasi. Dan, modernisasi terakhir dilakukan dua tahun lalu," kata Mikhallov, saat ditemui di Jakarta pada Rabu (2/11).

"Tugas utama kapal ini adalah mencari dan menghancurkan kapal musuh, terutama kapal selam. Kapal ini dilengkapi dengan sejumlah roket. Selain untuk mengancurkan kapal selam, kapal ini juga bertugas memberikan peringatan kepada kapal lain," sambungnya.

Berdasarkan keterangan di rusnavy, kapal ini dilengkapi dengan torpedo, delapan buah peluncur roket, senapan AK-100 dan AK-630M, dan roket anti-kapal selam RBU-6000. Kapal yang bisa memuat 300 awak ini juga dilengkapi dengan satu buah helikopter.

Kedatangan kapal yang merupakan bagian dari Armada Pasifik Rusia ini sendiri merupakan bagian dari keterlibatan Rusia di Indo Defence 2016. Pada awalnya, ada empat kapal yang akan didatangkan ke Indonesia, namun karena satu dan lain hal, hanya Admiral Tributs yang berkunjung ke Jakarta.

"Pada awalnya ada empat kapal yang akan berkunjung, namun tiga kapal lainnya tiba-tiba mendapat tugas dari pusat, hanya Admiral Tributs yang datang ke Jakarta," tukas Mikhallov.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5080 seconds (0.1#10.140)