Rusia: Perundingan Damai Suriah Ditunda Tanpa Batas

Selasa, 01 November 2016 - 17:09 WIB
Rusia: Perundingan Damai Suriah Ditunda Tanpa Batas
Rusia: Perundingan Damai Suriah Ditunda Tanpa Batas
A A A
MOSKOW - Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan kegagalan Barat menghambat kekerasan di Suriah telah menunda dimulainya kembali pembicaraan damai Suriah tanpa batas. Shoigu mengatakan pemberontak Suriah, yang didukung oleh Barat, telah menyerang warga sipil di Aleppo meskipun Rusia dan Suriah telah menghentikan serangan.

"Akibatnya, prospek untuk memulai proses negosiasi dan kembali ke kehidupan damai di Suriah ditunda untuk waktu yang tidak terbatas," kata Shoigu seperti dikutip dari Reuters, Selasa (1/11/2016).

Shoigu pun mencerca pemberontak Suriah dan pendukungnya dengan mengatakan mereka telah menyia-nyiakan kesempatan untuk pembicaraan damai.

"Ini adalah waktu bagi rekan-rekan Barat untuk menentukan mereka berjuang melawan siapa: teroris atau Rusia. Mungkin mereka lupa pada tangan orang tak bersalah yang tewas di Belgia, di Prancis, di Mesir dan di tempat lain," kata Shoigu.

Terkait serangan yang dilakukan oleh kelompok pemberontak yang didukung Barat di Aleppo, Shoigu berkata: "Apakah ini sebuah oposisi yang denganya kita dapat mencapai kesepakatan? Dalam rangka untuk menghancurkan teroris di Suriah perlu untuk bertindak besama-sama, dan tidak menaruh kunci pas dalam kerangka kerjasama. Pasalnya pemberontak mengeksploitasi kepentingan mereka sendiri," tuturnya.

Shoigu mengatakan ia juga terkejut bahwa beberapa pemerintah Eropa menolak mengizinkan kapal angkatan laut Rusia untuk berlabuh di pelabuhan Mediterani mereka untuk mengisi bahan bakar atau mengambil persedian. Seperti diketahui, Rusia mengirimkan armada kapal lautnya ke Suriah.

Namun ia mengatakan bahwa penolakan itu tidak mempengaruhi misi angkatan laut Rusia atau mengganggu pasokan operasi militer Rusia di Suriah.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7922 seconds (0.1#10.140)
pixels