Melintas, Awak Kapal Induk Rusia Bidikkan Senjata ke Inggris

Sabtu, 22 Oktober 2016 - 00:12 WIB
Melintas, Awak Kapal Induk Rusia Bidikkan Senjata ke Inggris
Melintas, Awak Kapal Induk Rusia Bidikkan Senjata ke Inggris
A A A
LONDON - Armada kapal induk Admiral Kuzentsov akhirnya melintasi Selat Inggris pada Jumat (21/10/2016) dalam perjalanan ke Mediterania untuk misi militer di Suriah. Media Inggris melaporkan bahwa kapal induk Rusia itu melakukan aksi provokatif di mana awak kapal membidikkan semua senjata ke arah daratan Inggris.

Para warga Inggris di Dover dibuat tercengang karena untuk pertama kalinya menyaksikan kapal induk yang sarat jet tempur dan berbagai senjata melintas. Mereka juga melihat langsung kapal selam yang jadi bagian dari armada kapal Admiral Kuznetsov.

Sejumlah foto yang dirilis media-media Inggris menunjukkan para personel militer Rusia berdiri di dek kapal. Mereka berbalut rompi tahan peluru dan helm membidikkan senapan otomatis dan senapan serbu AK-47 ke wilayah daratan Inggris.

Kapal raksasa Rusia itu juga menyemburkan asap hitam tepat ketika melewati Selat Inggris. Angkatan Laut Inggris memantau ketat pegerakan armada kapal Admiral Kuznetsov.

Menteri Pertahanan Inggris, Michael Fallon, mengatakan manuver armada kapal induk Rusia tersebut bertujuan untuk menguji kemampuan dari Angkatan Laut Inggris dan sekutu NATO-nya.

Kementerian Pertahanan melalui seorang juru bicara mengkonfirmasi kedatangan armada kapal induk Rusia. ”Mereka semua dalam satu baris sekarang. Mereka secara efektif melalui skema pemisah lalu lintas, dan mereka mengalami kemajuan seperti yang diharapkan,” kata kementerian itu, seperti dikutip Daily Mail.

”Mereka tidak diperlambat atau dipercepat,” lanjut Kementerian Pertahanan Inggris. ”Kami masih tidak tahu di mana itu dan bagaimana mereka akan ke sana, tapi sejauh ini semuanya persis bagaimana kami mengharapkan itu.”

Peneliti kelautan, Nigel Scutt, yang berada di perahu sewaan di Dover Marina, sengaja ingin melihat lebih dekat kapal induk Rusia itu. “Ini adalah hari yang tidak akan pernah saya lupakan. Kami saling silang jalan saat mereka tiba dan kami berhasil melihatnya benar-benar dekat dengan mereka,” ujar Scutt.

”Ini hampir mustahil untuk melihat armada kapal perang yang tangguh seperti itu hari ini, ini menakjubkan,” katanya. ”Saya telah melihat sebuah kapal selam Rusia melalui Selat Inggris sebelumnya dan pada kesempatan ini kami melambaikan tangan untuk kru mereka balas melambai,” katanya lagi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7413 seconds (0.1#10.140)