alexametrics

Prancis Berjanji Berikan Bantuan Darurat ke Haiti

loading...
A+ A-
PARIS - Prancis, bekerjasama dengan mitra Eropa dan sekutunya, sedang memobilisasi upaya untuk membantu Haiti yang hancur oleh badai Matthew dengan bantuan darurat. Demikian yang dikatakan Presiden Prancis, Francois Hollande.

Hollande menyatak simpati dan dukunganya kepada warga Haiti. Ia pun menekankan bahwa kebutuhan yang paling mendesak saat ini adalah menyediakan air minum bagi penduduk dan mencegah risiko penyakit seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu (8/10/2016).

"Dengan tujuan itu, Paris akan mengerahkan 60 keamanan sipil militer dan 32 ton peralatan termasuk dua pemurni air, peralatan medis, peralatan pertama pertolongan kemanusiaan," bunyi pernyataan kantor presiden Prancis dalam sebuah pernyataan.



"Atas permintaan dari pihak berwenang Haiti, Prancis mengirimkan 50 jet Falcon, pada 5 Oktober, untuk melakukan penerbangan pengintaian di atas Haiti guna menilai kerusakan infrastruktur, melihat bagaimana membawa bantuan ke penduduk yang terkena bencana," tambah pernyataan itu.

Badai Matthew adalah badai terkuat dalam beberapa tahun terakhir. Badai tersebut menewaskan sekitar 800 orang lebih dan menyebabkan puluhan ribu orang menjadi tunawisma karena menyapu Haiti awal pada pekan ini dengan kecepatan angin mencapai hingga 230 km/jam.

Haiti, sebuah negara yang berada di Karibia, sangat rentan terhadap bencana alam dan kerap hancur dihantam badai seperti Badai Jeanne yang menewaskan sedikitnya 3.000 orang pada tahun 2004.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top