Polisi Turki Tahan Saudara Fethullah Gulen

Senin, 03 Oktober 2016 - 06:14 WIB
Polisi Turki Tahan Saudara Fethullah Gulen
Polisi Turki Tahan Saudara Fethullah Gulen
A A A
ANKARA - Polisi Turki menahan seorang saudara ulama yang berbasi di Amerika Serikat Fethullah Gulen. Gulen dituding mendalangi kudeta yang gagal terhadap Presiden Recep Tayyip Erdogan pada bulan Juli lalu.

Kantor berita Turki, Anadolu mengatakan, Kutbettin Gulen ditangkap di rumah seorang kerabatnya di provinsi Izmir Barat setelah mendapatkan informasi rahasia. Kutbettin ditangkap dengan tuduhan anggota kelompok teror bersenjata.

Anadolu mengatakan saat ini Kutbettin diinterogasi oleh polisi anti-teroris dan sejumlah buku disita dalam operasi itu seperti dikutip dari The Guardian, Senin (3/10/2016).

Fethullah Gulen mantan sekutu Erdogan yang telah tinggal di pengasingan di AS sejak tahun 1999. Ia dituduh oleh Turki mendalangi upaya kudeta pada 15 Juli namun disangkalnya.

Pihak berwenang Turki menyebut kelompoknya Organisasi Teror Fethullah, tetapi para pendukungnya mengatakan ia hanya menjalankan sebuah organisasi damai yang disebut Hizmet.

Gulen dilaporkan memiliki tiga saudara laki-laki dan dua saudara perempuan yang tinggal di Turki. Namun, keberadaan mereka tidak diketahui. Dua keponakannya ditangkap pada bulan Juli dan Agustus, tapi ini diyakini pertama kalinya salah satu saudaranya ditahan sejak kudeta.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6183 seconds (0.1#10.140)