Polling: Trump Unggul Tipis Atas Hillary

Rabu, 07 September 2016 - 09:37 WIB
Polling: Trump Unggul Tipis Atas Hillary
Polling: Trump Unggul Tipis Atas Hillary
A A A
WASHINGTON - Setelah dalam beberapa bulan terus berada di bawah Hillary Clinton, Donald Trump akhirnya berhasil unggul atas pesaingnya itu. Dalam polling terbaru yang dilakukan oleh CNN/ORC, calon presiden asal Partai Republik itu unggul tipis 45% berbanding 43%.

Dalam polling terbaru ini terdapat kesenjangan besar berdasarkan jenis kelamin, usia, ras, pendidikan dan partisan atau dukungan. Berdasarakan dukungan, 92% pendukung partai Demokrat berada di belakang Hillary dan 90% pendukung Republik bakal mendungkung Trump. Sedangkan pada bagian kelompok independen, 49% mendukung Trump dan Hillary hanya 29% seperti dikutip dari CNN, Rabu (7/9/2016).

Sementara berdasarkan jenis kelamin, kaum perempuan mendukung Hillary (53%-38%). Sedangkan kaum laki-laki memberikan dukungannya kepada Trump (54%-32%). Hillary kembali unggul dari segi pemilih muda yaitu usia 45 tahun ke bawah (54%-29%). Sedangkan pada usia 45 tahun ke atas, Trump kembali unggul atas Hilaary (54%-39%).

Jika dibagi berdasarkan ras, kaum kulit putih memberikan dukungannya kepada Trump (55%-34%), sedangkan non kulit putih memberikan dukungannya kepada Hillary (71%-18%). Sedangkan dalam kategori pendidikan, kebanyakan lulusan perguruan tinggi mendukung Hillary, sedangan mereka yang tanpa gelar pendidikan mendukung Trump. Jika dipersempit berdasarkan ras, kelompok kulit putih yang tidak memegang gelar sarjana mendukung Trump (68%-24%). Sedangkan kulit putih bergelar sajana mendukung Hillary (49%-36%).

Berbicara kepada wartawan di pesawat kampanyenya Selasa, Clinton mengabaikan pertanyaan tentang survei CNN/ORC.

"Aku benar-benar tidak memperhatikan jajak pendapat Ketika mereka baik untuk saya -. Dan ada banyak dari mereka yang telah baik bagi saya baru-baru ini - saya tidak memperhatikan," kata Clinton. "Ketika mereka tidak begitu baik, saya tidak memperhatikan. Kita berada di lapangan yang kita menempel dengan."
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6935 seconds (0.1#10.140)