Rayuan AS Gagal, China Tolak Penempatan Rudal THAAD di Korsel

Minggu, 04 September 2016 - 16:06 WIB
Rayuan AS Gagal, China Tolak Penempatan Rudal THAAD di Korsel
Rayuan AS Gagal, China Tolak Penempatan Rudal THAAD di Korsel
A A A
HUANGZHOU - Rayuan Amerika Serikat (AS) terhadap China untuk mengizinkan mereka menempatkan sistem pertahan udara THAAD di Korea Selatan (Korsel) nampaknya menemui kegagalan. Ini terlihat dari pernyataan yang dilontarkan oleh Presiden China Xi Jinping.
Jinping menegaskan, pihaknya menentang keras penyebaran sistem pertahanan AS tersebut. Alasannya tetap sama, yakni China merasa sistem pertahanan tersebut bisa memberikan ancaman kepada keamanan mereka.
"Saya menentang penyebaran sistem pertahanan rudal AS di Republik Korea, dan meminta AS untuk menghormati kepentingan keamanan strategis Cina," kata Jinping dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Xinhua pada Minggu (4/9).
Sebelumnya diwartakan, Mark A. Milley, Kepala Staf Angkatan Darat AS telah membujuk China agar mengizinkan AS menempatkan sistem pertahanan rudal tersebut dengan jaminan sistem itu tidak mengancam China. Bujukan itu disampaikan Miley saat bertemu dengan Kepala Staf Angkatan Darat China, Li Zuocheng dua pekan lalu.
"Penempatan THAAD adalah tindakan defensif untuk melindungi Korsel dan Amerika dari ancaman rudal balistik Korea Utara (Korut) dan bukan merupakan ancaman dengan cara apapun ke Cina," kata Milley kepada Li.
Sementara itu, Jinping yang berbicara di sela-sela pertemua G20 mendesak semua pihak untuk menahan diri dari setiap tindakan yang dapat meningkatkan ketegangan di kawasan, dan bersama-sama melakukan upaya positif untuk menempatkan situasi kembali pada jalur yang benar.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6516 seconds (0.1#10.140)
pixels