China Desak Jokowi Muluskan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Sabtu, 03 September 2016 - 08:02 WIB
China Desak Jokowi Muluskan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung
China Desak Jokowi Muluskan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung
A A A
HANGZHOU - Presiden China Xi Jinping mendesak mitranya Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) untuk memastikan proyek kereta cepat Jakarta Bandung yang digarap Beijing berjalan mulus. Desakan disampaikan saat kedua pemimpin tersebut bertemu di Hangzhou hari Jumat menjelang KTT G-20.

Nilai proyek kereta cepat Jakarta-Bandung mencapai USD5,1 miliar atau sekitar Rp67,3 triliun. Proyek ini semula diperebutkan Jepang dan China, namun pada akhirnya Beijing yang memenangkan proyek.

Pertemuan Xi Jinping dan Jokowi terjadi dua minggu setelah Indonesia menenggelamkan 71 kapal asing pencuri ikan, termasuk tiga dari China. Kedua negara juga sempat terlibat ketegangan setelah militer Indonesia dan pasukan coast guard China terlibat insiden di sekitar Natuna.

Xi Jinping mengatakan China dan Indonesia berbagi kepentingan bersama yang luas. ”Dan akan memperluas kerjasama infrastruktur, produktivitas, perdagangan, investasi, keuangan dan e-commerce, untuk membangun proyek unggulan lainnya,” tulis kantor berita Xinhua, mengutip pernyataan Presiden Xi Jinping.

Proyek China serupa di Laos dan Thailand telah ditangguhkan. Richard Javad Heydarian, seorang profesor ilmu politik di De La Salle University di Manila, mengatakan proyek monorel itu strategis karena turut mempengaruhi hubungan Beijing dan Jakarta.

“Kegagalannya akan menjadi pukulan besar bagi kredibilitas China. Makanya, tak heran Xi ingin memiliki catatan diplomasi perifer yang efektif, ini adalah defensif,” katanya, seperti dikutip South China Morning Post, Sabtu (3/9/2016).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3276 seconds (0.1#10.140)