Tentara Bangladesh Habisi Dalang Penyerangan Cafe Dhaka

Sabtu, 27 Agustus 2016 - 16:31 WIB
Tentara Bangladesh Habisi Dalang Penyerangan Cafe Dhaka
Tentara Bangladesh Habisi Dalang Penyerangan Cafe Dhaka
A A A
DHAKA - Pasukan keamanan Bangladesh menggerebek tempat persembunyian kelompok militan di pinggiran ibukota Dhaka. Penggerebekan itu menewaskan 4 orang termasuk dalang serangan di cafe Dhaka bulan lalu.

"Para militan terpojok dalam penyergapan tadi pagi di tempat persembunyian mereka di Naraynganj, di pinggiran ibukota, dan terpaksa dibunuh setelah menolak untuk menyerah," kata kepala satuan polisi kontra-terorisme Dhaka Monirul Islam, dikutip dari Reuters, Sabtu (27/8/2016).

Warga Bangladesh keturunan Kanada, Tamim Ahmed Chowdhury, diduga menjadi dalang penyerangan terhadap cafe Holey Artisan Bakery. Serangan tersebut menewaskan 22 orang dimana sebagian besar korban adalah orang asing.

Baca juga:
Kelompok Bersenjata Serang Restoran di Bangladesh, 4 Tewas


ISIS telah mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut, namun klaim tersebut ditolak oleh pemerintah Bangladesh. Sejumlah ahli keamanan mengatakan skala dan kecanggihan serangan merujuk pada jaringan trans-nasional. Para pengamat mengatakan pada bulan April, Chowdhury diidentifikasi sebagai komandan nasional ISIS.

Militan Islam diduga mengkhususkan serangan pada 1 Juli lalu itu kepada kelompok non muslim dan sandera asing. Serangan tersebut menewaskan warga Italia, Jepang, Amerika dan India. Pasukan keamanan Bangladesh akhirnya menyerbu cafe tersebut untuk mengakhiri pengepungan yang telah berlangsung selama 12 jam.

Baca juga:
Drama Penyanderaan di Bangladesh Berakhir, 6 Penyerang Tewas


Pemerintah mengatakan serangan 1 Juli dan serangan pada tanggal 26 Juli dimana polisi menewaskan sembilan militan diyakini direncanakan untuk mengganggu keamanan dan dilakukan oleh militan domestik.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5884 seconds (0.1#10.140)