Vietnam Bantah Sebar Peluncur Roket di Pulau Sengketa

Jum'at, 19 Agustus 2016 - 03:49 WIB
Vietnam Bantah Sebar Peluncur Roket di Pulau Sengketa
Vietnam Bantah Sebar Peluncur Roket di Pulau Sengketa
A A A
HANOI - Vietnam membantah laporan Reuters yang menyatakan mereka menyebar peluncur roket di pulau-pulau Spratly dengan mengatakan laporan tersebut tidak akurat. Bahkan jika hal itu dilakukan, tindakan semacam itu hanya mencerminkan kebijakan perdamaian dan pertahanan Vietnam, tidak menargetkan negara lain.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Vietnam mengatakan informasi tentang penyebaran peluncur roket, yang didasarkan pada pernyataan pejabat barat yang tidak disebut namanya, tidaklah akurat.

Selain itu, tidak terdapat foto satelit atau bukti lain yang menunjukkan bahwa Vietnam mengirim peluncur roket ke pangkalan-pangkalan di pulau-pulau Sparatly seperti dikutip dari Asian Times, Jumat (19/8/2016).

Kementerian Luar Negeri Vietnam menegaskan jika akan melakukan kebijakan itu atau akan melakukan upaya seperti itu dimasa depan, yang dikedepankan adalah tindakan defensif dan sebagai reaksi atas tindakan China di Laut China Selatan.

Hanoi bersikeras untuk menyelesaikan sengketa maritim dengan cara damai atas dasar hukum internasional, termasuk Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS) 1982.

Sebelumnya Reuters mengabarkan Vietnam diam-diam telah membentengi beberapa pulaunya di Laut China Selatan (LCS) yang disengketakan dengan peluncur roket mobile baru. laporan itu mengutip pernyataan sejumlah sumber diplomat dan pejabat militer.

Baca juga
Vietnam Diam-diam Persenjatai Pulau Sengketa di LCS dengan Roket
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5581 seconds (0.1#10.140)