Angela Merkel: Pengungsi Tidak Membawa Terorisme ke Jerman

Kamis, 18 Agustus 2016 - 04:13 WIB
Angela Merkel: Pengungsi Tidak Membawa Terorisme ke Jerman
Angela Merkel: Pengungsi Tidak Membawa Terorisme ke Jerman
A A A
BERLIN - Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan bahwa pengungsi tidak membawa terorisme ke Jerman. Ia juga mengatakan bahwa Islam adalah bagian dari Jerman selama itu dipraktekan dengan cara yang sesuai dengan konstitusi.

"Fenomena terorisme Islam, ISIS, bukan fenomena yang datang kepada kami dari para pengungsi," kata Merkel dalam sebuah acara kampanye pemilihan untuk partainya, Partai Kristen Demokrat, di Mecklenburg-Vorpommern menjelang pemungutan suara daerah pada 4 September.

Ia juga mengatakan banyak orang telah melakukan perjalanan dari Jerman ke Suriah untuk latihan dengan ISIS. Pada bulan Juni, Menteri Dalam Negeri Jerman Thomas de Maiziere, mengatakan lebih dari 800 diyakini telah pergi ke Suriah dan Irak. "Kelompok itu telah mengkhawatirkan kami selama beberapa tahun," kata Merkel lagi seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (18/8/2016).

Lebih dari satu juta orang yang melarikan diri perang dan kemiskinan di Timur Tengah, Afrika dan tempat lain tiba di Jerman tahun lalu. Masuknya pendatang, banyak di antaranya adalah Muslim, telah mendorong dukungan untuk gerakan anti-imigran partai Alternatif untuk Jerman (AFD), yang diharapkan dapat tampil baik di pemilu di Mecklenburg-Vorpommern dan Berlin.

Hal ini dipicu serentetan serangan terhadap warga sipil bulan lalu, termasuk tiga yang dilakukan oleh pendatang. Popularitas Merkel pun menurun dan sebuah jajak pendapat terbaru menunjukkan 52% dari warga Jerman tidak menyetujui kebijakan migrasi.

"Kami telah mengatakan dengan jelas bahwa Islam yang bekerja dan hidup atas dasar Konstitusi bagian dari Jerman," kata Merkel sembari menambahkan bahwa Islam yang tidak mengikuti Konstitusi atau menerima hak yang sama bagi perempuan tidak punya tempat di Jerman.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5796 seconds (0.1#10.140)