Seorang PSK Waria Dimutilasi dan Dibakar di Jalanan Istanbul

Selasa, 16 Agustus 2016 - 09:25 WIB
Seorang PSK Waria Dimutilasi dan Dibakar di Jalanan Istanbul
Seorang PSK Waria Dimutilasi dan Dibakar di Jalanan Istanbul
A A A
ISTANBUL - Seorang pekerja seks komersial (PSK) waria (wanita-pria) ditemukan dimutilasi dan dibakar di sebuah jalan di Istanbul. Pembunuhan ini diduga sebagai aksi kebencian terhadap kaum lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) terbaru di Istanbul, Turki.

Korban yang diketahui bernama Hande Kader, 22, hilang pekan lalu setelah terakhir kali terlihat masuk ke mobil “klien”-nya.

Dia dilaporkan hilang oleh kekasihnya, yang mengidentifikasi dirinya dengan inisial D. Tubuh korban bisa dikenali setelah diidentifikasi oleh prosthetics di kamar mayat sebuah rumah sakit di Kota Istanbul.

Tubuh korban ditemukan di kawasan Zekeriyakoy, hanya dua minggu setelah tubuh seorang pria gay asal Suriah ditemukan di kawasan yang sama dengan kondisi dipenggal.

Pria gay itu sejatinya adalah pengungsi Suriah bernama Muhammad Wisam Sankari. Menurut penyelidikan polisi, dia diperkosa dan kemudian dieksekusi.

Hande Kader, seperti dikutip IB Times, Selasa (16/8/2016), selama ini dikenal aktif berpartisipasi dalam protes dan demonstrasi untuk membela hak-hak kaum LGBT di Turki. Dia pernah ditangkap satu kali atas aktivitasnya.

Di Facebook, teman Hande Kader menyatakan kemarahan atas pembunuhan terhadap wanita transgender itu. Teman korban menyebut pelaku akan “membayar mahal” atas kematian Kader.

Gejolak homophobia di Turki telah meluas dalam setahun ini. Pada Maret lalu, sebuah parade gay berakhir ricuh setelah polisi anti-huru hara menembakkan peluru karet dan gas air mata. Parade serupa pada tahun lalu juga berakhir dengan tembakan meriam air di Taksim Square.

Meski ada gejala kebencian terhadap kaum LGBT, Turki dianggap sebagai negara yang paling toleran terhadap komunitas LGBT. Hal itu diketahui dari jajak pendapat terbaru yang dirilis PEW Research Centre.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4468 seconds (0.1#10.140)