Erdogan Cabut Gugatan terhadap Semua Penghina Dirinya

Sabtu, 30 Juli 2016 - 04:56 WIB
Erdogan Cabut Gugatan terhadap Semua Penghina Dirinya
Erdogan Cabut Gugatan terhadap Semua Penghina Dirinya
A A A
ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membuat pengumuman mengejutkan bahwa dia akan mencabut gugatan terhadap semua orang yang telah menghinanya. Erdogan menyebut keputusannya itu sebagai “one-off gesture”.

Pengumuman itu dibuat Erdogan saat pidato di Istana Kepresidenan di Ankara. ”Untuk satu kali saja, saya akan memaafkan dan mencabut semua kasus terhadap banyak (orang) yang tidak menghormati dan melontarkan penghinaan terhadap saya,” ujar Presiden Erdogan.

”Saya merasa bahwa jika kita tidak memanfaatkan kesempatan ini dengan benar, maka akan memberikan orang (merasa) berhak untuk menahan kami dengan tenggorokan. Jadi saya merasa bahwa semua faksi masyarakat, dan terutama politisi akan berperilaku sesuai dengan kenyataan yang baru ini, situasi yang sensitif,” katanya, seperti dikutip Sputniknews, Sabtu (30/7/2016).

Presiden Turki ini sebelumnya telah mengajukan tuntutan pidana terhadap ratusan wartawan dan tokoh masyarakat karena diduga menghina presiden. Salah satu contohnya adalah aktor dan kolumnis Orhan Aydin, yang membuat hinaan dalam opini di koran Solhaber.

Pengumuman ini datang dua minggu setelah upaya kudeta militer yang berhasil digagalkan. Upaya kudeta ini mengakibatkan hampir 250 orang tewas dan lebih dari 1.000 lainnya terluka.

Pada hari Jumat, Erdogan juga menegaskan bahwa bagaimanapun cara Ankara untuk menghukum pemberontak adalah masalah internal dan bukan urusan negara-negara asing.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5785 seconds (0.1#10.140)