Susu Kecoak, Suplemen Bergizi Bagi Manusia

Kamis, 28 Juli 2016 - 13:41 WIB
Susu Kecoak, Suplemen Bergizi Bagi Manusia
Susu Kecoak, Suplemen Bergizi Bagi Manusia
A A A
WASHINGTON - Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa susu kecoa adalah minuman suplemen yang bergizi tinggi. Para ilmuwan percaya bahwa susu formula untuk bayi kecoak yang diproduksi Pacific Beetle Cockroach layak dikonsumsi oleh manusia.

Kandungan gizi yang ada dalam susu kecoak sangat mengejutkan. Hasil penelitian menunjukkan susu kecoak kaya akan protein, lemak, dan gula serta mengandung 3 sampai 4 kali lebih banyak energi ketimbang susu kerbau dan susu sapi.

Meski begitu, susu yang diekstrak dari kecoak bukanlah tipe susu yang dapat ditemukan di toko kelontong. "Setiap cairan yang dipanen dari kecoak tidak sepenuhnya berupa susu," kata Becky Facer seperti dikutip dari laman Al Arabiya, Kamis (28/7/2016).

"Setidaknya tidak seperti yang kita pikirkan," kata Direktur Program Sekolah dan Pendidik Fernbank Museum of Natural History di Atlanta itu.

Kristal protein terbentuk di perut kecoak pada saat binatang itu mengkonsumsi susu cair. Karena tidak bisa diperah, kristal protein itu diambil dari embrio serangga itu untuk kemudian diproses sedemikian rupa sehingga aman dikonsumsi oleh manusia.

Salah seorang peneliti, Leonard Chavas, terpaksa merasakan susu kecoak setelah ia kalah taruhan dengan beberapa rekan-rekannya. "[Susu kecoak itu] tidak memiliki rasa tertentu," katanya kepada CNN.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6588 seconds (0.1#10.140)