Cuaca Buruk Halangi Pencarian Pesawat Militer India yang Hilang

Minggu, 24 Juli 2016 - 04:02 WIB
Cuaca Buruk Halangi Pencarian Pesawat Militer India yang Hilang
Cuaca Buruk Halangi Pencarian Pesawat Militer India yang Hilang
A A A
NEW DELHI - Cuaca buruk di Teluk Bengala menimbulkan kesulitan besar dalam mencari pesawat militer India yang hilang An-32. Sembilan belas kapal perang, 17 pesawat dan kapal selam telah dilibatkan dalam misi pencarian ini.

"Ketinggian laut mencapai 3 sampai 4 meter dan sangat berombak dengan awan hujan yang tebal di lokasi menjadi tantangan bagi pencarian. Rakhsa Mantri (Menteri Pertahanan) telah mengarahkan bahwa operasi dilanjutkan tanpa hambatan sempai perintah lebih lanjut," begitu bunyi pernyataan Kementerian Pertahan India disitat dari Sputnik, Minggu (24/7/2016).

Angkatan Udara India telah mengerahkan dua pesawat C-130 dilengkapi dengan elektro optik dan sensor infra merah. Sebuah pesawat P8I Angkatan Laut India dilengkapi dengan radar aperture sintetis bersama dengan pesawat Dornier juga mengambil bagian dalam operasi ini. Angkatan Laut India telah mengerahkan 13 kapal dan sedang dibantu oleh enam kapal dari India Coast Guard dan kapal dagang di daerah, serta satu kapal selam.

Press officer Angkatan Udara India, Anupam Banerjee mengatakan, tantangan terbesar adalah cuaca buruk dan jarak pandang yang rendah. Sumber mengatakan bahwa kedalaman laut di daerah pencarian sekitar 3.000 meter. Kecepatan angin sekitar 18-20 knot sementara jarak pandang mencapai 3-4 mil laut.

Pesawat militer An-32 milik Angkatan Udara India Skuadron 33 hilang pada 22 Juli pagi dalam penerbangan sortie dari Tambaram (Chennai) ke Port Blair. Pesawat berangkat dari Tambaram pada 0830 (Waktu Standar India) dengan 6 awak dan 23 penumpang.

Baca juga:
BREAKING: Bawa 29 Orang, Pesawat Militer India Hilang usai Lepas Landas
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2787 seconds (0.1#10.140)