Acuhkan Protes China, AS-Korsel Sepakat Sebar Rudal THAAD

Sabtu, 09 Juli 2016 - 18:48 WIB
Acuhkan Protes China, AS-Korsel Sepakat Sebar Rudal THAAD
Acuhkan Protes China, AS-Korsel Sepakat Sebar Rudal THAAD
A A A
SEOUL - Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) sepakat untuk menyebar sistem pertahan rudal THAAD di Korsel untuk melawan ancaman senjata nuklir Korea Utara (Korut). Kesepakatan ini sekaligus mengubur protes China yang keberatan atas keberadaan sistem rudal tersebut.

Dalam pernyataannya, Kementerian Pertahanan Korsel dan Departemen Pertahanan AS mengatakan, The Terminal High Altitude Area Defense atau THAAD adalah sistem anti rudal yang akan digunakan hanya sebagai perlindungan terhadap kemampuan rudal nuklir dan balistik Korut.

"Ini adalah keputusan penting. Korut terus mengembangkan rudal balistik dan senjata pemusnah massal membuat aliansi bersikap hati-hati, sistem pertahan rudal ini diperlukan untuk menyokong tindakan perlindungan," kata Komandan Pasukan AS di Korsel, Jenderal Vincent Brooks seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (9/7/2016).

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri China mendesak AS untuk menghentikan pengiriman sistem pertahanan udara tersebut. Menurut Negeri Tirai Bambu itu, pengiriman THAAD hanya akan memperburuk situasi di kawasan.

"Penyebaran sistem pertahanan udara tidak memiliki manfaat apapun untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di semenanjung Korea dan secara serius akan membahayakan keamanan negara di kawasan, termasuk China," kata kementerian itu.

Baca juga: China Desak AS Hentikan Pengiriman Rudal THHAD ke Korsel
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7864 seconds (0.1#10.140)
pixels