Ancaman Rusia Jadi Bahasan Utama KTT NATO

Minggu, 19 Juni 2016 - 10:40 WIB
Ancaman Rusia Jadi Bahasan...
Ancaman Rusia Jadi Bahasan Utama KTT NATO
A A A
BRUSSELS - Wakil Sekretaris NATO, Jenderal Alexander Vershbow memperingatkan, perilaku agresif Rusia akan membuat KTT NATO yang dihelat bulan depan menjadi salah satu yang paling signifikan dalam beberapa dekade.

Merujuk pada lembaga think tank di Brussels, Vershbow mengatakan, NATO menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya dari berbagai bidang, termasuk negara gagal, kekerasan gerakan ekstrimis dan ISIS. Namun, ia mengatakan, pertemuan puncak di Warsawa bulan depan akan melulu membahas fakta bahwa Rusia adalah masalah jangka panjang.

"Ada peningkatan yang menunjukkan kemampuan Rusia untuk memobilisasi pasukannya dengan sangat cepat dan tanpa banyak peringatan. Kita harus berusaha lebih keras," kata Vershbow, seperti dikutip dari Express, Minggu (19/6/2016).

Setelah aneksasi Crimea yang terjadi pada 2014 lalu dan dukungan Rusia kepada pemberontak Ukraina telah mengantarkan krisis hubungan antara Moskow dan Barat ke posisi terendah.

Minggu ini, menteri-menteri pertahanan anggota NATO sepakat untuk membentuk pasukan multinasional berjumlah 4.000 tentara yang berasal dari Inggris, Amerika Serikat (AS), dan Jerman. Mereka bertugas untuk meningkatkan pertahanan di negara-negara Baltik dan Laut Hitam seperti Rumania, Bulgaria, dan Turki, Georgia, dan Crimea.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1388 seconds (0.1#10.140)