Pasukan Yaman dan Pemberontak Houthi Tukar 194 Tahanan

Sabtu, 18 Juni 2016 - 21:44 WIB
Pasukan Yaman dan Pemberontak Houthi Tukar 194 Tahanan
Pasukan Yaman dan Pemberontak Houthi Tukar 194 Tahanan
A A A
SANAA - Pemberontak Houthi dan pasukan pro pemerintah Yaman menukar hampir 200 tahanan di Taiz, Yaman. Pertukaran tahanan itu adalah yang terbesar sejak awal perang saudara tahun lalu.

Pertukaran tahanan itu melibatkan 118 pemberontak Houthi dan 76 tentara pro pemerintah. Peristiwa ini meningkatkan harapan bahwa gencatan senjata yang diumumkan pada bulan April dapat diwujudkan di kota ketiga terbesar di Yaman itu, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (18/6/2016).

Pertempuran antara pasukan pro pemerintah dengan kelompok pemberontak Houthi telah mereda di sebagian besar Yaman, sejak diumumkannya gencatan senjata jelang pembicaraan damai yang disponsori PBB di Kuwait.

Namun, pertempuran terus terjadi di Taiz, dimana kedua kelompok tidak bisa memperluas wilayah yang dikontrolnya. Sebuah serangan roket pada awal Juni menewaskan 12 warga sipil dan melukai lebih dari 122 orang setelah menghantam sebuah pasar.

Konflik di Yaman telah berkecamuk sejak Maret 2015, ketika aliansi yang dipimpin Saudi turun tangan untuk mencoba mengembalikan Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi kembali berkuasa. Hadi dipaksa meninggalkan Yaman setelah kelompok Houthi, cabang dari gerakan Zaidi dari Syiah, berhasil menguasai Aden.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2942 seconds (0.1#10.140)