Cegah Konflik Sektarian, Kurdi Sarankan Irak Dipecah Tiga

Jum'at, 17 Juni 2016 - 13:42 WIB
Cegah Konflik Sektarian, Kurdi Sarankan Irak Dipecah Tiga
Cegah Konflik Sektarian, Kurdi Sarankan Irak Dipecah Tiga
A A A
ERBIL - Kepala Dewan Pemerintah Kurdistan (KRG) Masrour Barzani menyarankan agar Irak dipecah menjadi tiga bagian, ketika ISIS sudah berhasil diberangus. Menurut Masrour, langkah ini harus dilakukan guna mencegah adanya konflik sektarian yang memang kerap terjadi di Irak.

Masrour menuturkan, tingkat kepercayaan antara kelompok-kelompok di Irak sampai saat ini masih rendah. Oleh karena itu sangat sulit untuk bisa menyatukan seluruh kelompok di Irak untuk hidup dalam satu atap.

Dirinya menyarankan agar Irak dipecah menjadi wilayah untuk Kurdi, Sunni dan juga Syiah. Tiga kelompok itu merupakan tiga kelompok yang menghuni negeri 1001 malam tersebut.

"Federasi tidak bekerja, jadi pilihannya antara konfederasi atau pemisahan penuh. Jika kita memiliki tiga negara konfederasi, kita akan memiliki tiga ibukota yang setara, sehingga seseorang tidak akan berada di atas yang lain," ucap Masrour, seperti dilansir Al Arabiya pada Jumat (17/6).

Putra Presiden KRG Massoud Barzani menyatakan Kurdi saat ini sudah bisa mandiri, dengan menjalankan pemerintah mereka sendiri, sebagai negara bagian dari Irak. Sunni dan Syiah, lanjut Masrour harus diberikan pilihan untuk melakukan hal yang sama di provinsi dimana mayoritas mereka berada.

"Apa yang kami tawarkan adalah solusi. Ini tidak berarti mereka hidup di bawah satu atap, tetapi mereka dapat menjadi tetangga yang baik. Setelah mereka merasa nyaman bahwa mereka memiliki masa depan yang cerah dan aman, mereka dapat mulai bekerja sama dengan satu sama lain," imbuhnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4364 seconds (0.1#10.140)