ISIS Mengklaim Dalang Pembantaian Massal Klub Gay Orlando

Senin, 13 Juni 2016 - 08:02 WIB
ISIS Mengklaim Dalang...
ISIS Mengklaim Dalang Pembantaian Massal Klub Gay Orlando
A A A
ORLANDO - Kelompok Islamic State (ISIS) mengklaim sebagai dalang atas pembantaian massal di klub gay di Orlando, Amerika Serikat (AS) yang menewaskan 50 orang dan melukai 53 orang lainnya.

Klaim ISIS sebagai pihak yang bertanggung jawab atas serangan itu muncul di Amaq News, media propaganda ISIS.

”Serangan bersenjata yang menargetkan sebuah klub malam gay di Kota orlando di negara bagian Florida Amerika meninggalkan lebih dari 100 orang tewas atau terluka dilakukan oleh seorang militan Islamic State,” tulis Amaq News.


Serangan di klub malam Pulse itu dilakukan oleh Omar Mateen, warga AS keturunan Afghanistan, pada Minggu pukul 02.00 pagi waktu setempat atau semalam WIB.

Sebelum melakukan pembantaian, Mateen, menghubungi 911 dan bersumpah setia kepada ISIS.
”Itu belum dikonfirmasi. Kita harus melihat apakah mereka berhubungan atau tidak setelah kami mendapatkan rincian,” kata Senator Florida, Bill Nelson.

FBI juga telah menyatakan bahwa Omar Mateen telah menyatakan kesetiaannya kepada ISIS ketika menghubungi 911. Mateen menyebut dia adalah saudara dari Tsarnaev, yang mengebom arena Boston Marathon pada 2013.

FBI mengaku sudah menyelidiki Mateen pada 2013 dan 2014, atas dugaan melakukan ancaman di media sosial, di mana dia melakukan kontak dengan seorang “pengebom bunuh diri yang tak dikenal".

Bulan lalu, ISIS melalui juru bicaranya mendesak simpatisannya di Barat untuk melakukan pembantaian selama bulan Ramadhan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0797 seconds (0.1#10.140)