Jaksa MH17 Minta Keterangan Rusia Soal Rudal Buk

Sabtu, 04 Juni 2016 - 20:17 WIB
Jaksa MH17 Minta Keterangan...
Jaksa MH17 Minta Keterangan Rusia Soal Rudal Buk
A A A
DEN HAAG - Jaksa Belanda mengaku masih menunggu Rusia untuk memberikan informasi tentang jatuhnya pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17 yang ditembak jatuh di Ukraina. Pihak jaksa mengatakan, mereka ingin informasi tentang rudal Buk yang digunakan untuk menembak jatuh pesawat tersebut.

"Penyelidikan pidana pada tahap yang sangat canggih dan hasilnya akan dilaporkan setelah musim panas," kata pihak Jaksa seperti dikutip dari BBC, Sabtu (4/6/2016).

Dalam sebuah pernyataan, tim Jaksa yang dipimpin oleh Belanda telah membuat beberapa permintaan bantuan, namun masih menunggu konfirmasi dari Moskow. Mereka mengatakan beberapa masalah, termasuk tes forensik, membutuhkan waktu yang lebih banyak dari yang diharapkan.

Namun, kesimpulan pertama mengenai jenis senjata yang digunakan dan lokasi peluncuran diharapkan akan diumumkan pada musim gugur mendatang. Tahun lalu, laporan yang dirilis olah tim penyelidik Belanda menyimpulkan bahwa pesawat Malaysia Airline MH17 jatuh oleh rudal Buk buatan Rusia. Meski begitu, laporan tersebut tidak mengungkapkan pihak yang menembakkan rudal tersebut

Pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17 ditembak jatuh saat melakukan perjalanan dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur pada Juli 2014 dan menewaskan 298 orang. Beberapa keluarga korban menggugat Rusia dan Presiden Vladimir Putin di Pengadilan HAM Eropa.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5877 seconds (0.1#10.140)