Rusia Beri Penghargaan pada Penerjemah Buku Sastra

Kamis, 02 Juni 2016 - 14:17 WIB
Rusia Beri Penghargaan pada Penerjemah Buku Sastra
Rusia Beri Penghargaan pada Penerjemah Buku Sastra
A A A
JAKARTA - Pemerintah Rusia memberikan penghargaan berupa medali Alexander Puskin kepada Koesalah Soebagyo Toer. Koesalah adalah salah seorang penerjemah buku-buku sastra Rusia ke bahasa Indonesia.

Pengharagaan ini disampaikan oleh Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mikhail Y. Galuzin kepada perwakilan Kosesalah. Penghargaan ini diberikan kepada perwakilan keluarga Koesalah, karena Kosesalah diketahui telah wafat sekitar tiga bulan yang lalu.

Direktur Pusat Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Rusia, Glinkin Vitaly menuturkan, penghargaan ini bukan diberikan oleh Kedutaan Besar Rusia, melain langsung diberikan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin. Kedubes Rusia di Jakarta hanya bertugas menyampaikannya.

"Penghargaan ini diberikan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin, atas pekerjaan yang dilakukan oleh Kosesalah Toer, dalam hal lireratur Rusia," kata Vitaly pada Rabu (1/6).

"Dia adalah satu dari sedikit orang yang menerjemahkan literatur klasik Rusia ke dalam bahasa Indonesia. Dia melakukannya hampir sepanjang hidupnya. Ia memulainya saat masih muda, dan sejak awal tahun 60-an dia mulai aktif menerjemahkan literatur Rusia," sambungnya.

Vitaly mengatakan, medali Alexander Puskin adalah medali yang diberikan oleh pemerintah Rusia kepada warga sipil yang bekerja pada bidang ilmu pengetahuan, sejarah, budaya, dan literatur Rusia.

Ketika disinggung apakah Koesalah Toer adalah orang Indonesia pertama yang menerima pengahargaan ini, Vitaly membenarkannya. "Sepengetahuan saya dia adalah orang Indonesia pertama yang mendapatkannya," ungkapnya.

Dirinya juga mengatakan, medali ini bukanlah medali yang diberikan secara tahunan oleh pemerintah Rusia kepada seseorang. Medali ini, papar Vitaly, bisa diberikan kapanpun, jika pemerintah Rusia merasa ada seseorang yang memiliki kinerja luar biasa, yang memang pantas mendapatkan medali ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7661 seconds (0.1#10.140)