Moskow Tegaskan Tak Pernah Berniat Musuhi NATO

Jum'at, 20 Mei 2016 - 18:41 WIB
Moskow Tegaskan Tak Pernah Berniat Musuhi NATO
Moskow Tegaskan Tak Pernah Berniat Musuhi NATO
A A A
MOSKOW - Pemerintah Rusia menyatakan, mereka tidak pernah memiliki niat untuk memusuhi atau membuat jarak dengan NATO. Moskow dengan tegas menyebut pihaknya selalu siap untuk melakukan dialog dengan aliansi tersebut.

Juru bicara Kremlin. Dmtry Peskov menuturkan, pihaknya siap kapanpun berdialog dengan NATO. Namun, dirinya menuturkan ada satu syarat yang harus dipenuhi, yakni dialog itu harus harus konstruktif dan berdasarkan rasa hormat atas kepentingan bersama.

"Pihak Rusia tidak pernah menghindari dialog. Jelas kita selalu menjadi pendukung dialog. Kami percaya bahwa ini adalah satu-satunya metode yang sebenarnya dari pemecahan masalah dan isu-isu yang di depan kita," ucap Peskov, seperti dilansir Sputnik pada Jumat (20/5).

Sementara itu terkait dengan rencana aksesi Montenegro ke dalam NATO, yang merupakan upaya NATO untuk memperluas pengaruh mereka di Eropa timur, Peskov mengatakan hal tersebut adalah sesuatu yang buruk. Menurutnya, hal itu hanya akan membuat ketegangan baru di kawasan.

"Secara keseluruhan, perluasan lebih lanjut NATO dari sudut pandang kita lebih dari sebuah proses dengan tanda minus. Proses ini tidak memperkuat keamanan Eropa dari sudut pandang ini, tetapi justru sebaliknya, itu sangat menimbulkan ketegangan baru di benua ini," imbuhnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8454 seconds (0.1#10.140)
pixels