Thomas Manning, Pria Pertama AS yang Berhasil Cangkok Kemaluan

Selasa, 17 Mei 2016 - 09:26 WIB
Thomas Manning, Pria Pertama AS yang Berhasil Cangkok Kemaluan
Thomas Manning, Pria Pertama AS yang Berhasil Cangkok Kemaluan
A A A
MASSACHUSETTS - Thomas Manning, 64, jadi pria pertama Amerika Serikat (AS) yang berhasil menjalani operasi transplantasi atau cangkok organ kemaluan pria.

Operasi rekonstruksi berjalan hingga 15 jam di Rumah Sakit Umum Massachusetts pada bulan lalu. Tim dokter mengkonfirmasi bahwa organ kemaluan hasil transplantasi itu sudah pulih dengan baik.

Organ kemaluan Manning diamputasi pada tahun 2012 setelah didiagnosa menderita kanker. Sejak bedah rekonstruksi, dia tidak menunjukkan tanda-tanda mengalami perdarahan, penolakan atau infeksi dan aliran darah tetap normal.

Dalam operasi itu, organ kemaluan milik pendonor dicangkokkan ke Manning. Tujuan dari prosedur, yang disebut transplantasi genitourinari vascularised composit allograft (GUVCA) adalah untuk merekonstruksi alat kelamin eksternal sehingga memiliki tampilan yang lebih alami, untuk mendapatkan fungsi kemih kembali dan berpotensi untuk membangun kembali fungsi seksual.

Manning saat ini sedang dalam tahap awal pemulihan, tetapi dokter mengatakan bahwa mereka "optimistis" Manning akan mendapatkan kembali fungsi organ vitalnya.

Sebelum operasi rekonstruksi, tim dokter membutuhkan waktu lebih dari tiga tahun untuk penelitian. Dokter harus berlatih merekonstruksi pada mayat sebelum benar-benar melakukan operasi tranplantasi pada Manning.

Curtis L Cetrulo, salah satu ahli bedah yang memimpin operasi, mengatakan; "Kami berharap bahwa teknik-teknik rekonstruksi akan memungkinkan kita untuk meringankan penderitaan dan keputusasaan dari mereka yang telah mengalami cedera genitourinari yang menghancurkan dan menyedihkan.”

“Seluruh tim transplantasi telah bekerja tanpa lelah untuk memastikan bahwa pasien kami berada pada jalur pemulihan, penerimaan donasi organ,” ujar Cetrulo.

Setelah merasa pulih, Manning memberikan pernyataan tertulis yang dikutip dari IB Times, Selasa (17/5/2016).

”Hari ini saya memulai babak baru yang penuh dengan harapan pribadi dan harapan bagi orang lain yang telah menderita luka genital, terutama untuk anggota layanan kami yang mempertaruhkan nyawa mereka dalam panggilan tugas dan menderita kerusakan serius. Keberhasilan ini bersama dengan kalian semua, ini harapan saya untuk bisa mengantarkan masa depan yang cerah pada jenis transplantasi,” tulis Manning.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5996 seconds (0.1#10.140)