Lavrov: ISIS Hidup Karena Disokong Negara Tetangga Suriah dan Irak

Senin, 16 Mei 2016 - 20:57 WIB
Lavrov: ISIS Hidup Karena Disokong Negara Tetangga Suriah dan Irak
Lavrov: ISIS Hidup Karena Disokong Negara Tetangga Suriah dan Irak
A A A
MINKS - Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov menuturkan, ISIS masih bisa terus beroperasi sampai saat ini karena masih terus mendapat dukungan dari sejumlah negara. Dirinya menyebut mayoritas negara yang mendukung ISIS adalah negara tetangga Suriah dan Irak.

Berbicara saat melakukan kunjungan ke Belarusia, Lavrov mengatakan negara-negara yang mendukung ISIS, baik secara persenjataan ataupun materi adalah negara yang berbatasan langsung dengan Iran dan juga Suriah. Menurutnya, dukungan itu sangatlah besar.

"Ada dukungan yang datang dari luar, terutama dari negara-negara tetangga Irak dan Suriah," kata Lavrov dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Senin (16/5)/

Namun, sayangnya Lavrov enggan memberikan rincian lebih lanjut mengenai negara-negara mana saja yang memberikan dukungan kepada kelompok pimpinan Abu Bakar al-Baghdadi tersebut.

Sejauh ini, Rusia hanya menyebut Turki sebagai negara yang memberikan dukungan kepada ISIS. Turki, menurut Rusia memberikan dukungan dengan cara membeli minyak dari ISIS, dan membuka perbatasan bagi anggota ISIS yang hendak menyebrang dari dan ke Suriah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2779 seconds (0.1#10.140)