Kongo Tangkap Komandan Senior Pemberontak Rwanda Terkait Genosida

Sabtu, 07 Mei 2016 - 22:58 WIB
Kongo Tangkap Komandan Senior Pemberontak Rwanda Terkait Genosida
Kongo Tangkap Komandan Senior Pemberontak Rwanda Terkait Genosida
A A A
KINSHASA - Pihak berwenang di Republik Demokratik Kongo mengatakan, mereka telah menangkap wakil komandan kelompok pemberontak Rwanda terkait dengan genosida.

Juru bicara pemerintah Lambert Mende mengatakan, Jenderal Leopold Mujyambere, Kepala Staf dari Pasukan Demokratik untuk Pembebasan Rwanda (FDLR), ditangkap awal pekan ini di timur kota Goma. "Dia dikenali (oleh) otoritas keamanan yang ada di sana," kata Mende kepada Reuters, Sabtu (7/5/2016).

Mende juga mengatakan, Mujyambere telah dipindahkan ke ibukota Kinshasa. Ia akan diadili dalam pengadilan militer untuk memutuskan apakah akan diadili di Kongo atau diekstradisi ke Rwanda.

Pasukan pemberontak FDLR, termasuk tentara dan mantan anggota milisi Hutu dianggap sebagai kelompok yang bertanggung jawab atas genosida di Rwanda pada tahun 1994. Saat itu, sebanyak 800 ribu orang yang berasal dari suku Tutsi dan Hutu moderat tewas.

FDLR terlibat dalam serangkaian intervensi bersenjata di Kongo. Mereka bahkan turut terlibat dalam dua konflik regional antara tahun 1996 dan 2003. Jutaan orang tewas akibat konflik tersebut dimana mayoritas dikarenakan kelaparan dan penyakit.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6612 seconds (0.1#10.140)